Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Numbered Head Together (NHT)” Dan “Group Investigation (GI)” Di Kelas X IPA SMA HANG TUAH 4, Surabaya Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi

Authors

  • Ameilia Cellina Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Meilantifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suhartono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Herfa Maulina Dewi Soewardini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Keywords:

Model Pembelajaran NHT, Model pembelajaran GI, Perbandingan, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran numbered head together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran group investigation (GI). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Hang Tuah 4, Surabaya yang sampel nya diambil dari kelas X IPA. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experiment design). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA dan sampel penelitian ini yaitu 16 siswa dari kelas X IPA 1 dan 16 siswa dari kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunkan instumen tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran GI. Hasil belajar siswa pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas X IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya yang diterapkan model pembelajaran NHT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran GI.

Downloads

Published

2022-04-21

How to Cite

[1]
“Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Numbered Head Together (NHT)” Dan ‘Group Investigation (GI)’ Di Kelas X IPA SMA HANG TUAH 4, Surabaya Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi”, JMER, vol. 1, no. 1, pp. 12–16, Apr. 2022, Accessed: Sep. 08, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/6

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)