Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII A di SMPN 3 Surabaya pada Materi Peluang
Keywords:
Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan model pembelajaran Discovery Learning untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan hasil test peserta didik. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Surabaya dengan jumlah subjek 15 peserta didik. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dilihat dari kegiatan pra siklus ketuntasan belajarnya adalah 40% naik menjadi 66,67% pada siklus I, kemudian pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan model pembelajaran Discovery learning dan pendekatan berdiferensiasi ini berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 3 Surabaya pada mata Pelajaran matematika materi Peluang.