PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MAOSPATI

Authors

  • Anisah Alfiyan Syahrani PPG Prajabatan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suhartono Pendidikan Matematika Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Inggit Tri Maharani SMPN 1 Maospati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan dalam4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Data dikumpulkan melalui tes evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan di setiap akhir siklus dan dianalsis secara deskriptif kuantitatif (mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar siswa untuk selanjutnya dibandingkan antar siklus untuk melihat adakah peningkatan atau tidak). Dari analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 85,94 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas KKM adalah 68,75% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 adalah 92,34 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas KKM adalah 87,50%. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dan persentase jumlah siswa yang tuntas KKM.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

[1]
A. Alfiyan Syahrani, Suhartono, and I. Tri Maharani, “PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MAOSPATI”, JMER, vol. 2, no. 1, pp. 23–30, Aug. 2023.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)