ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIS BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAAM LINIER SATU VARIABEL

Authors

  • Putri Devina Alfania Pendidikan Matematika Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Meilantifa Pendidikan Matematika Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Endrayana Putut LE Pendidikan Matematika Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suhartono

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru matematika kelas VII SMP Ta’miritah Surabaya bahwa lebih dari setengah siswa memiliki kemampuan yang kurang dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa S1 sebagai subjek Kategori tinggi mampu memenuhi semua tahapan pemecahan masalah dengan tepat pada seluruh soal, S2 sebagai subjek Kategori sedang pada soal nomor 1 hanya mampu memenuhi 5 tahap dan pada soal nomor 2 hanya mampu memenuhi 2 tahap. S3 sebagai Subjek Kategori rendah hanya mampu memenuhi 3 tahap pada soal nomor 1, dan pada soal nomor 2 hanya memenuhi 1 tahap.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

[1]
P. Devina Alfania, Meilantifa, Endrayana Putut LE, and Suhartono, “ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIS BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAAM LINIER SATU VARIABEL”, JMER, vol. 2, no. 1, pp. 8–16, Jul. 2023.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)