IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATERI UNSUR BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII-J SMP NEGERI 3 SURABAYA
Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Sikap percaya diriAbstract
Penelitian dilatarbelakangi dengan rendahnya sikap percaya diri peserta didik pada materi Unsur Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII-J SMP Negeri 3 Surabaya. Sehingga dari permasalahan tersebut peneliti melakukan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang diharapkan dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik, karena pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik melalui implementasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan non-tes (pengamatan) dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan peningkatan sikap percaya diri peserta didik. Pada kegiatan Pra Siklus rata-rata persentasenya 29,03%. Pada Siklus I meningkat menjadi 50,54% meskipun belum memenuhi kriteria keberhasilan. Terakhir pada Siklus II rata-rata persentase meningkat dan berhasil melebihan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu 75,27%. Berdasarkan hasil dari rata-rata persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi ini berhasil meningkatkan sikap percaya diri peserta didik kelas VIII-J SMP Negeri 3 Surabaya pada materi Unsur Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Pelajaran 2023/2024.