PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMPN 13 SURABAYA

Authors

  • Rohmatul Hasanah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Fatkul Anam Pendidikan Profesi Guru Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Sri Suharti SMPN 13 Surabaya

Abstract

Model pembelajaran yang berpusat pada guru menyebabkan peserta didik merasa bosan yang berdampak pada hasil belajar matematika peserta didik rendah. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas VII B SMPN 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII B SMPN 13 Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar matematika peserta didik setelah diberikan tindakan pada tiap siklus. Keberhasilan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya ada 11 peserta didik atau persentase ketuntasan belajar yang dicapai sebesar 34,38%. Pada siklus I meningkat 28,12% menjadi 20 peserta didik yang tuntas dengan persentase ketuntasan belajar 62,50%. Pada siklus II meningkat lagi sebesar 25,00% menjadi 28 peserta didik yang tuntas dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,50%.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

[1]
R. Hasanah, F. Anam, and S. Suharti, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMPN 13 SURABAYA”, JMER, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, Jul. 2023.

Issue

Section

Articles