MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 13 SURABAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Mega Ayuningtyas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Fatkul Anam Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Sri Suharti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dengan permasalahan kemampuan pemahaman materi matematika di kelas VIII-B SMP Negeri 13 Surabaya yang sangat beragam. Yang dimana Ada yang memiliki kemampuan pemahaman materi rendah, sedang dan juga tinggi. Dan juga kebutuhan belajar peserta didik belum terpenuhi. Sehingga dari permasalahan tersebut mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan hasil dari posttest peserta didik. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dilihat dari kegiatan pra siklus ketuntasan belajarnya adalah 24% naik menjadi 52% pada siklus I, kemudian pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 83%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan pembelajaran berdiferensiasi ini berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 13 Surabaya pada mata Pelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

[1]
M. Ayuningtyas, F. Anam, and S. Suharti, “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 13 SURABAYA TAHUN AJARAN 2023/2024”, JMER, vol. 2, no. 2, Apr. 2024.

Issue

Section

Articles