PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI – 1 SMA NEGERI 6 SURABAYA

Authors

  • Muhamad Samsudin Mahasiswa
  • Anik Kirana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Sri Suratni SMA Negeri 6 Surabaya

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi konten, hasil belajar matematika

Abstract

Pendidikan di Indonesia berbeda dengan negara lain. Indonesia memiliki karakteristik tiap individu berbeda. Indonesia memakai cara sendiri dalam melakukan proses pembelajaran yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi yang diteliti yaitu berdiferensiasi konten. Berdiferensiasi ini membedakan kelompok sesuai dengan kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI – 1 SMA Negeri 6 Surabaya tahun ajaran 2023/2024. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus 2. Prasiklus dengan rata-rata nilai 55,68, siklus 1 dengan rata-rata nilai 78,56, sedangkan siklus 2 dengan rata-rata nilai 82,85. Penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi konten dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi polinomial (suku banyak).

 

 

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI – 1 SMA NEGERI 6 SURABAYA”, JMER, vol. 2, no. 2, Jul. 2024, Accessed: Dec. 22, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/102

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.