PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PHYTAGORAS DI KELAS VIII-J SMP NEGERI 3 SURABAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Rizky Tri Azari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suhartono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Sunardi SMPN 3 SURABAYA

Abstract

 Penelitian dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan pada peserta didik di kelas VIII-J SMP Negeri 3 Surabaya yang memiliki hasil belajar matematika yang rendah. Hal ini dikarenakan rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika, terutama dalam konteks konsep yang dianggap sulit atau abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui 
pembelajaran dengan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan pertanyaan dalam bentuk tes tertulis (writing test). Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dilihat dari kegiatan 
pra siklus ketuntasan belajarnya adalah 38% naik menjadi 64% pada siklus I, kemudian pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan model pembelajaran Discovery Learning ini berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-J SMP Negeri 3 Surabaya pada mata Pelajaran matematika materi Phytagoras. 

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PHYTAGORAS DI KELAS VIII-J SMP NEGERI 3 SURABAYA TAHUN AJARAN 2023/2024”, JMER, vol. 2, no. 2, Jul. 2024, Accessed: Dec. 22, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/216

Most read articles by the same author(s)