PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 MOJOSARI

Authors

  • Atik Maslakhah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suhartono Suhartono
  • Sulami

Abstract

Siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Mojosari memiliki tingkat kemampuan kognitif yang beragam. Penyampaian materi didominasi metode ceramah, siswa dianggap memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama, sehingga perlakuan yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lain sama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA melalui pembelajaran berdeferensiasi di SMAN 1 Mojosari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes aspek kognitif. Hasil penelitian siklus 1, nilai rata-rata kelas belum mencapai nilai KKM 75, ketuntasan belajar siswa secara klasikal . Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai  namun nilai rata-rata kelas . Pada siklus 3 nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 97%, terdapat 1 siswa yang belum tuntas, dan nilai rata-rata kelas  Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdeferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas XI MIPA SMAN1 Mojosari

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

[1]
A. Maslakhah, S. Suhartono, and Sulami, “PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 MOJOSARI”, JMER, vol. 2, no. 2, Apr. 2024.

Issue

Section

Articles