KESULITAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SISWA SMK NEGERI 1 SURABAYA

Authors

  • Khoirun Nisa’ SMK Negeri 1 Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring menjadi solusi selama masa pandemi covid 19 , tetapi pembelajaran ini banyak mengalami kesulitan diantaranya ketersediaan sarana prasarana . Ketika pembelajaran matematika dilakukan secara daring, kesulitan yang dihadapi siswa semakin besar karena tidak dapat menanyakan secara lebih jelas dan mendetail kesulitan yang mereka hadapi.  Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang ada dalam pembelajaran daring yang kurang efektif  maka diperlukan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan   kesulitan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika materi trigonometri siswa kelas 10 OTKP3 SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan Teknik snowball sampling. Hasil penelitian kesulitan-kesulitan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika adalah 1) Kesulitan sarana prasarana meliputi paket internet, Hp/ laptop dan listrik untuk pembelajaran daring. 2) Kesulitan belajar matematika, meliputi kesulitan menghitung  aturan sinus cosinus, tidak tahu rumus yang digunakan dan kesulitan menerapkan aturan sinus dan cosinus kedalam soal kontekstual.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

[1]
“KESULITAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI SISWA SMK NEGERI 1 SURABAYA”, JMER, vol. 1, no. 2, pp. 15–21, Dec. 2022, Accessed: Dec. 23, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/35