PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DI SMAN 2 KEDIRI

Authors

  • Iftiana Rahmaningtyas PPG Prajabatan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Anik Kirana Pendidikan Profesi Guru Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan kurangnya keaktifan peserta didik menjadi dasar dari dilakukannya penelitian ini. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah cenderung masih berpusat pada guru (teacher oriented). Model pembelajaran yang demikian kurang memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk mengeksplor kemampuan mereka sehingga pemahaman yang diperoleh menjadi kurang maksimal. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di kelas melalui implementasi model Problem Based Learning (PBL) dan Two Stay Two Stray (TSTS). Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI MIPA 3, SMA Negeri 2 Kediri pada materi  Integral Subtitusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus yang memuat empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan bahwa hanya 13,89 % peserta didik dengan kategori keaktifan tinggi, 16,67 % peserta didik dalam kategori keaktifan sedang, dan 69,44% peserta didik dengan keaktifan rendah. Pada siklus I diperoleh bahwa persentase peserta didik dalam kategori keaktifan tinggi dan sedang sama, yaitu 36,11 % dan 27,78 % peserta didik dalam kategori keaktifan rendah. Pada siklus II, persentase peserta didik dalam kategori keaktifan tinggi adalah 63,89%, kategori keaktifan sedang adalah 27,78%, dan 8,33%peserta didik dalam kategori keaktifan rendah. Hasil belajar pada pra tindakan menunjukkan bahwa hanya 44,44% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 66,67% dan menjadi 88,89% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dan TSTS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi Integral Subtitusi.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

[1]
I. Rahmaningtyas and A. Kirana, “PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DI SMAN 2 KEDIRI”, JMER, vol. 2, no. 1, pp. 31–40, Jul. 2023.

Issue

Section

Articles