PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

Authors

  • Mariana Bengan Eko
  • Edy Widayat
  • Sumartono
  • Sri Wahyuningtyas

Abstract

: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di SMA Negeri 1 Larantuka bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mata pelajaran matematika, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika dan kecerdasan emosional siswa, ditambah lagi masih banyaknya guru yang memposisikan siswa menjadi penerima materi yang pasif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu dari tes hasil belajar dan kecerdasan emosional yang kemudian hasilnya diuji dengan menggunakan Independent sample t- Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) Hasil Belajar siswa kelas X MS di SMA Negeri 1 Larantuka. Yang kedua  ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk mengetahui terhadap kecerdasan emosional siswa siswa kelas X MS di SMA Negeri 1 Larantuka

Published

2022-12-29

How to Cite

[1]
“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI ”, JMER, vol. 1, no. 2, pp. 7–14, Dec. 2022, Accessed: Sep. 17, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/24