PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PUTAT JAYA IV/380 SURABAYA

Authors

  • Shinta Wulandari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suhartono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Rachmani SD Negeri Putat Jaya IV Surabaya

Keywords:

Discovery Learning, Geoboard, Hasil belajar

Abstract

Berdasarkan hasil dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V SDN Putat Jaya IV/380, ditemukan bahwa pembelajaran matematika terutama materi bangun datar, mengalami kesulitan karena Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebagian besar siswa memperoleh skor antara 0 dan 68 yang termasuk dalam kategori yang membutuhkan bimbingan. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan model Discovery Learning berbantuan geoboard. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalaha 30 siswa kelas V SDN Putat Jaya IV/380 Kota Surabaya sebagai subjek penelitian. Objek penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam matematika tentang materi bangun datar. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 80% pada siklus I dan sebesar 90% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa menerapkan model Discovery Learning dengan bantuan geoboard adalah cara yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

[1]
“PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PUTAT JAYA IV/380 SURABAYA”, JMER, vol. 4, no. 1, Jun. 2025, Accessed: Jul. 02, 2025. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/502

Similar Articles

1-10 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>