Pengaruh Model PBLTGT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Kelas XII SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Authors

  • Rosadha Fadhillah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Endrayana Putut Laksminto Emanuel Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suhartono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Amalia Chamidah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Keywords:

Model PBLTGT, pemecahan masalah, statistika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif PBLTGT terhadap kemampuan pemecahan masalah materi statistika Kelas XII SMA HANG TUAH 4 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII MIPA 1 yang berjumlah 34 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas dan uji teknik paired-samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretest sebesar 58.21 dan nilai rata-rata posttest sebesar 87.50 dan melalui uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 23 for windows yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,005 (0,000<0,05) yang menunjukkan bahwa

Downloads

Published

2022-04-21

How to Cite

[1]
“Pengaruh Model PBLTGT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Kelas XII SMA Hang Tuah 4 Surabaya”, JMER, vol. 1, no. 1, pp. 7–11, Apr. 2022, Accessed: Oct. 18, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/1

Most read articles by the same author(s)