PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERTAS KARTON PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PUTAT JAYA IV-380 SURABAYA

Authors

  • OKTALIA DWI SINTA OKTALIA DWI SINTA Universitas Wijaya Kusuma
  • Meilantifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Nurul Aini SD Negeri Putat Jaya IV Surabaya

Keywords:

Project based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Matematika, Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan rendahnya tingkat ketuntasan belajar matematika pada materi bangun ruang di kelas V SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Dari total 29 siswa, hanya 10 orang (34,48%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) sebesar 70, sementara 19 siswa lainnya (65,52%) memperoleh nilai di bawah standar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang didukung dengan penggunaan media kertas karton. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan: pada tahap pra-siklus, ketuntasan hanya sebesar 34,48% (10 siswa), meningkat menjadi 62,07% (18 siswa) pada siklus pertama, dan mencapai 89,66% (26 siswa) pada siklus kedua. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dengan bantuan media kertas karton efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang, dengan pencapaian ketuntasan klasikal sebesar 89,66%.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

[1]
“PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERTAS KARTON PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN PUTAT JAYA IV-380 SURABAYA”, JMER, vol. 4, no. 1, Jun. 2025, Accessed: Jul. 02, 2025. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/493

Similar Articles

21-27 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)