Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Disposisi Matematika

Authors

  • Nur Fitri Rizka Wulandari
  • Ardianik
  • Ahmad Hatip
  • Sucipto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry  dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif pada materi Trigonometri kelas X SMA Nazhatut Thullab Sampang. b)Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata kemampuan Disposisi matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif pada materi Trigonometri kelas X SMA Nazhatut Thullab Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Nazhatut Thullab Sampang,sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 SMA Nazhatut Thullab Sampang. Instrumen penelitiab ini meliputi angket dan tes. Uji yang dilakukan merupakan uji t (two independent sampel t-test) Hasil penelitian diperoleh ada perbedaan yang signifikan kemampuan disposisi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan model kooperatif.

Published

2022-12-29

How to Cite

[1]
“Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Disposisi Matematika”, JMER, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, Dec. 2022, Accessed: Dec. 23, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/22