PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN STRATEGI DIFERENSIASI PROSES DAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-1 SMAN 6 SURABAYA PADA MATERI MATRIKS

Authors

  • Izzatul Laili Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Herfa Maulina Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Sri Utami SMAN 6 Surabaya

Keywords:

TaRL, pembelajaran berdiferensiasi, Hasil Belajar

Abstract

Peserta didik merupakan individu yang unik, mereka memiliki berbagai keragaman baik minat, gaya belajar, dan juga tingkat kemampuan. Indonesia selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya saat ini dengan adanya kurikulum merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan tingkat pemahaman peserta didik di kelas XI-1 SMAN 6 Surabaya. Hal tersebutlah yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk  mengurangi kesenjangan pemahaman yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar melalui pendekatan TaRL dengan menerapkan strategi diferensiasi proses dan konten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi tak terstruktur. Hasil yang diperoleh yaitu 1) Ketuntasan belajar  klasikal mencapai 94.11% dengan 32 dari 34 peserta didik tuntas belajar 2) Nilai rata-rata dari 34 peserta didik yang mengikuti tes lebih besar dari 80, yaitu sebesar 88.02, serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus 1 sebesar  40% dan dari siklus 1 ke siklus 2 nilai rata-rata kelas naik sebesar 17.17%.

Students are unique individuals, they have a variety of interests, learning styles, and also levels of ability. Indonesia is always trying to improve the quality of education, one of which is today with the existence of an independent curriculum. The research was carried out on the basis of a gap in the level of understanding of the students in the XI-1 class of SMAN 6 Surabaya. This is what affects the low learning outcomes of the pupils. This research aims to reduce the understanding gaps shown by improving learning outcomes through the TaRL approach by applying process and content differentiation strategies. This type of research is a classroom action study with a total of 34 student subjects. Data collection techniques using unstructured testing and observation. The results obtained were: 1) Classical learning intensity reached 94.11% with 32 of the 34 students enrolled 2) Average score of 34 students who took the test greater than 80, that is, 88.02, as well as an increase in the average grade of class from pre-cycle to cycle 1 by 40% and from cycle I to Cycle 2 the average value of class increased by 17.17%.

Downloads

Published

2024-08-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN STRATEGI DIFERENSIASI PROSES DAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-1 SMAN 6 SURABAYA PADA MATERI MATRIKS”, JMER, vol. 2, no. 2, Aug. 2024, Accessed: Nov. 21, 2024. [Online]. Available: https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/210