Implementasi Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Berbasis Mobile

Authors

  • Zeriansyah Putra Irawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author
  • Maslihah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author

Keywords:

Game edukasi, Game mobile, sejarah kemerdekaan indonesia, siswa SMP

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembentukan karakter dan pengetahuan generasi muda. Sejarah merupakan salah satu aspek penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, kecintaan terhadap tanah air, serta pemahaman akan identitas bangsa. Salah satu momen yang memiliki nilai penting dalam sejarah Indonesia adalah kemerdekaan Indonesia, yang mengajarkan nilai-nilai perjuangan, keberanian, dan ketekunan. Namun di era saat ini permasalahan utama dalam pembelajaran sejarah di sekolah adalah rendahnya minat siswa terhadap materi sejarah kemerdekaan Indonesia akibat metode pengajaran yang kurang interaktif dan cenderung monoton Maka, dalam upaya untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Diusulkan sebuah  game edukasi sejarah kemerdekaan Indonesia berbasis mobile. Game ini dirancang khusus untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Game ini dikembangkan dengan fitur utama seperti puzzle, kuis interaktif, dan melengkapi kata, yang disertai dengan narasi sejarah untuk memperkuat pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  game  berbasis mobile dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang mendukung proses pengajaran sejarah di sekolah. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk memperluas audiens, menambahkan fitur gamifikasi, serta meningkatkan evaluasi dampak terhadap pembelajaran siswa.

References

I. N. B. Pramartha, “SEJARAH DAN SISTEM PENDIDIKAN SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN A NEGERI DENPASAR BALI,” HISTORIA, vol. 3, no. 2, p. 67, Aug. 2015, doi: 10.24127/hj.v3i2.274.

S. Aula, H. Ahmadian, and B. A. Majid, “ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI STUDENT ADVENTURE 2D MENGGUNAKAN SCRATCH 2.0 PADA SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA”.

A. Hardiansyah and P. Mauliana, “Aplikasi Game Edukasi Mengenal Pahlawan Indonesia Berbasis Android Pada SDN Ciburuy,” vol. 2, no. 2, 2021.

B. Pudjoatmodjo, S. Si, A. K. Ikhwan, I. W. Lestari, and R. Widiatmaja, “GAME SEJARAH INDONESIA (GSI) : GAME TENTANG SEJARAH INDONESIA DARI MASA PENJAJAHAN SAMPAI KEMERDEKAAN INDONESIA BERBASIS ANDROID”.

Downloads

Published

30-09-2025