Implementasi Gamifikasi Pada Platform Pembelajaran Matematika Anak Sekolah Dasar Berbasis Web Mobile
Keywords:
gamifikasi, matematika, web mobileAbstract
Pembelajaran matematika di Tingkat sekolah dasar sering kali menjadi tantangan besar bagi siswa maupun guru. Banyak siswa yang menganggap matematika merupakan Pelajaran yang sulit dan menakutkan, Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan elemen-elemen gamifikasi dalam platform pembelajaran matematika berbasis web mobile, guna meningkatkan minat belajar siswa SD kelas 5. Penggunaan elemen gamifikasi seperti poin, level, badge, tantangan, dan leaderboard dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan atau gamifikasi, platform ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pembelajaran, tetapi juga sebagai media interaktif yang dapat mendorong siswa untuk belajar secara mandiri.
References
S. H. Sholehah, D. E. Handayani, and S. A. Prasetyo, “Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang,” Mimb. Ilmu, vol. 23, no. 3, pp. 237–244, 2018, doi: 10.23887/mi.v23i3.16494.
D. N. F. Alifatul Aprilia, “MINDSET AWAL SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG SULIT DAN MENAKUTKAN,” J. Elmentary Educ., vol. 1, no. 2, pp. 28–40, 2022, doi: 10.4324/9780203457306-42.
Fitri Marisa, Tubagus Mohammad Akhiriza, Anastasia Lidya Maukar, Arie Restu Wardhani, Syahroni Wahyu Iriananda, and Mardiana Andarwati, “Terakreditasi SINTA Peringkat 4 Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 7, no. 1, pp. 219–228, 2022.
M. Rosmiati, “Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 21, no. 2, pp. 261–268, 2019, doi: 10.31294/p.v21i2.6019.