Perancangan Game Survival Shooter Berbasis Legenda Majapahit

Authors

  • Hizkia Alexander Cristie Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author

Keywords:

Finite State Machine, Game Edukatif, Budaya Kerajaan Majapahit, Sejarah Indonesia, Unity

Abstract

Generasi muda saat ini cenderung kurang mengenal sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah berjaya di Indonesia, salah satunya adalah Kerajaan Majapahit. Rendahnya minat terhadap sejarah dan budaya, terutama dalam hal mengenali peninggalan-peninggalan bersejarah, menjadi salah satu faktor utama dari masalah ini. Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif juga turut berkontribusi terhadap kurangnya pemahaman generasi muda terhadap warisan budaya bangsa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis mengembangkan sebuah game edukatif berbasis legenda Kerajaan Majapahit. Game ini dirancang sebagai media pembelajaran alternatif yang menyenangkan, dengan tujuan utama mengenalkan budaya dan peninggalan Kerajaan Majapahit kepada pemain, khususnya generasi muda. Dalam permainan ini, pemain akan berperan sebagai penjelajah yang bertugas mencari barang-barang peninggalan di reruntuhan kuno. Namun, pemain tidak mengetahui bahwa reruntuhan tersebut dijaga oleh seorang pemburu misterius yang akan memburu siapapun yang berusaha mengambil barang peninggalan tersebut. Pengembangan game dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perancangan gameplay menggunakan metode Finite State Machine (FSM), serta desain karakter, lingkungan, dan item dengan menggunakan Blender. Implementasi game dilakukan menggunakan Unity dan bahasa pemrograman C#. Proses pengujian dilakukan untuk memastikan bahwa game dapat berjalan dengan baik tanpa bug yang mengganggu dan layak untuk dimainkan.

References

AdminBudaya, "Pemahaman Generasi Muda tentang Budaya," situsbudaya, 22 July 2023. [Online]. Available: https://situsbudaya.id/pemahaman-generasi-muda-tentang-budaya/?utm_source=chatgpt.com. [Accessed 13 June 2025].

redaksi, "Pola Pikir Generasi Muda Yang Menganggap Budaya Indonesia Kuno Dan Ketinggalan Zaman," SuaraUsu, 14 October 2024. [Online]. Available: https://suarausu.or.id/pola-pikir-generasi-muda-yang-menganggap-budaya-indonesia-kuno-dan-ketinggalan-zaman/?utm_source=chatgpt.com. [Accessed 13 June 2025].

A. R. Salsabilla, "Kecenderungan Generasi Muda Modern di Indonesia Untuk Meninggalkan Ikatan Adat dan Keluarga," AAcademia, p. 109, 2023.

InfoHukum, "Kerajaan Majapahit: Sejarah, Raja dan Peninggalannya," InfoHukum, 12 June 2025. [Online]. Available: https://fahum.umsu.ac.id/info/kerajaan-majapahit-sejarah-raja-dan-peninggalannya/. [Accessed 10 March 2024].

Widodo, 2011.

Harahap, 2014.

Unity, "Unity Documentation," Unity, 12 June 2023. [Online]. Available: https://docs.unity3d.com/Manual/index.html.

F. manual, "Guidelines for Collecting and Reporting Data on Research and Experimental Development," OECD, 8 October 2015. [Online]. Available: https://www.oecd.org/en/publications/frascati-manual-2015_9789264239012-en.html. [Accessed 12 June 2025].

Sugiyono, "Metode Penelitian dan Pengembangan," in Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Bandung, alfabeta, 2021, p. 724.

A. Taru, "Penerapan Finite State Machine Pada Perancangan Game," gamelab, 07 September 2020. [Online]. Available: https://www.gamelab.id/news/206-penerapan-finite-state-machine-pada-perancangan-game. [Accessed 12 June 2025].

Downloads

Published

30-09-2025