Perancangan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Gamifikasi Untuk Penjualan Di Toko Baju Bekas

Authors

  • Syahwalani Firrizqi Rusdiono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author
  • Anang Kukuh Adisusilo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author

Keywords:

Gamifikasi, bekas, sistem, penjualan

Abstract

Thrifting sebagai tren belanja pakaian bekas semakin diminati di era fashion yang cepat berubah dan menjadi bagian dari identitas individu. Namun, pasar thrifting online menghadapi tantangan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan karena pengalaman belanja yang kurang interaktif pada platform konvensional. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi penjualan baju bekas dengan pendekatan gamifikasi pada platform website untuk meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pelanggan. Gamifikasi yang diterapkan meliputi elemen poin, level, tantangan, dan ikon interaktif yang dirancang untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memotivasi pelanggan melakukan pembelian berulang. Metode pengembangan sistem menggunakan tahapan perancangan sistem informasi yang meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Hasil rancangan diharapkan dapat meningkatkan interaksi pengguna, memperpanjang durasi kunjungan, serta meningkatkan loyalitas pelanggan di toko thrifting online.

References

Adinda Febriyani and Martanto, "RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN KEBUTUHAN POKOK BERBASIS," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2023.

Fitri Marisa, Tubagus Mohammad Akhriza, Anastasia Lidya Maukar, Arie Restu Wardhani, Syahroni Wahyu Iriananda and Mardiana Andarwati, "Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan," JOINTECS, 2022.

Tri Puspa Rinjeni, Julianto Lemantara and Ayouvi Poerna Wardhanie, "Implementasi Gamification pada Aplikasi Marketplace," Jurnal Komunika (Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika), 2020.

Arsa Reynal Dimas Suyanto , Sadam Khumaini Vindata, Tito Tilawah and Nindya, "FENOMENA THRIFTING DIKALANGAN MAHASISWA AKIBAT," Neraca Manajemen, Ekonomi, 2024.

Fitri Astuti Lestari and Ratna Asmarani, "Thrifting Culture during the Covid-19 Pandemic," E3S Web of Conferences, 2021.

Muhammad Shidqi Hadafi and Bambang Agus Herlambang, "PENGEMBANGAN UI/UX DESIGN STUDI KASUS APLIKASI," Science And Engineering National Seminar 6, 2021.

W. M. M. Gilvy Langgawan Putra, "Perancangan dan Evaluasi UI/UX Aplikasi E-Learning Berbasis Gamification," SPECTA Journal of Technology, 2020.

Rifky Lana Rahardian and Wayan Andrika Putera, "System Usability Scale pada Penerapan Gamification di Aplikasi Toko Online," Jurnal Pendidikan Tambusai, 2023.

Y. Heriyanto, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB PADA PT.APM RENT CAR," Jurnal Intra-Tech, vol. 2, pp. 64-77, 2018.

S. Sintaro, "Permodelan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Berbasis Website," JURNAL ILMIAH INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER (JIMA-ILKOM), 2022.

S. M. Abdurrahman Sidik, Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain, 2019.

Yuli Purwanto, Setiawan, Nurahman, Bambang Priambodo and Anang Kukuh Adisusilo, "PENGELOLAAN KUALITAS LAYANAN PERGURUAN TINGGI MELALUI RANCANG BANGUN PROTOTiPE VISITOR MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB," Melek IT, vol. 10, 2024.

Heap Yih Chong and Balakrishnan Balamuralithara, "Construction contract administratio in Malaysia using DFD: a conceptual model," Industrial, 2011.

Muhamad Faisal Martasubrata and Yudi Priyadi, ANALISIS KESIAPAN UMKM DALAM MENGADOPSI E-SCM MELALUI KOLABORASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN DATA FLOW DIAGRAM DI UMKM CLOTHING LINE LOKAL BANDUNG, SOSIOHUMANITAS, 2019.

Mahardika, Afifah , Rahmawati, Nadia Erinna, Afifah and Jafni , "SISTEM INFORMASI LAYANAN KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : PLN ULP RUNGKUT SURABAYA)," HTTPS://repository.upnjatim.ac.id/, 2020.

Resdea Restin Yulita Roza, Nur Nafi’iyah and M.W. Mahendra, "SISTEM PENJUALAN ONLINE PADA DEA KOSMETIK LAMONGAN," J-TIIES, 2019.

L. Marlinda, "Sistem Basis Data," Andi Offset, 2004.

B. Sudradjat, "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN FASHION," Jurnal Interkom, 2019.

[Online]. Available: HTTPS://ariemusbandi.wordpress.com/2012/11/21/tugas-xi-rpl-kamis-22112012/.

J. R. Fauzi, "ALGORITMA DAN FLOWCHART DALAM MENYELESAIKAN SUATU MASALAH," 2020.

[Online]. Available: HTTP://anggasapputra.blogspot.com/2018/03/deskriptif-dan-Flowchart-pembelian.HTML.

M. Iqbal Wardana and Anang Kukuh Adisusilo, VIRTUAL EXPO PENGENALAN PRODUK DALAM NEGERI BERBASIS, MelekIT, 2022.

Downloads

Published

30-09-2025