PENITI-BANGSA

Penulis

Astrida Misna Tianti Wijaya Kusuma Surabaya University
Baitul Nazwa Firmania Wijaya Kusuma Surabaya University
Prini Wijaya Kusuma Surabaya University
Reza Cahya Putra Fanani Wijaya Kusuma Surabaya University
Sapna Estevania Putri Wijaya Kusuma Surabaya University
Anang Kukuh Adisusilo Wijaya Kusuma Surabaya University https://orcid.org/0000-0002-1656-4471

DOI:

https://doi.org/10.30742/PENITI-BANGSA.v2i22024.177

Kata Kunci:

UMKM, Website, Katering

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan kerja dan mendorong inovasi. Namun, seringkali mereka menghadapi kesulitan dalam mempromosikan produk dan layanan mereka kepada masyarakat, sehingga menghambat potensi pertumbuhan bisnis. Salah satu contohnya adalah pemilik usaha catering seperti Rangga, yang menghadapi tantangan dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan potensi usahanya. Hal ini dikeranakan yang masih bergantung pada promosi manual seperti rekomendasi dari orang-orang terdekat.Dalam mengatasi tantangan ini, pembuatan website promosi menggunakan platform WordPress menjadi solusi yang tepat. Dengan adanya website ini, UMKM seperti Rangga dapat meningkatkan kehadiran mereka secara online, meningkatkan jumlah pelanggan, keuntungan usaha. Tidak hanya itu, kehadiran daring ini juga memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pemesanan secara online sehingga mempercepat proses transaksi. Website promosi untuk usaha catering ini telah berhasil dibuat dan diimplementasikan. Melalui alamat web yang telah disediakan, pengguna dapat mengakses informasi lengkap mengenai menu, harga, serta testimoni pelanggan dari layanan catering.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Amartha, T. B. (2024, Maret 3). pengertian-umkm-jenis-fungsi-dan-cara-mendaftar. Retrieved from www.amartha.com: https://www.amartha.com/blog/work-smart/pengertian-umkm-jenis-fungsi-dan-cara-mendaftar/

ginee. (2022, May 18). contoh-ukm-di-bidang-kuliner. Retrieved from ginee.com: https://ginee.com/id/insights/contoh-ukm-di-bidang-kuliner/

Kwartawati, N. N. (2022, Agustus 25). Jenis-jenis Pemasaran Online dan Manfaatnya bagi Bisnis. Retrieved from Stikestelogorejo: https://www.stikestelogorejo.ac.id/2023/08/25/jenis-jenis-pemasaran-online-dan-manfaatnya-bagi-bisnis/#:~:text=Pengertian%20Pemasaran%20Online,barang%20maupun%20layanan%2C%20melalui%20internet

Putri, V. K. (2023, January 31). Media Promosi: Definisi dan Jenis-jenisnya. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/31/110000969/media-promosi--definisi-dan-jenis-jenisnya#:~:text=Definisi%20dari%20media%20promosi%20adalah,memperkenalkan%20produk%20kepada%20target%20konsumen

Silmi Nurul Utami, S. G. (2021, April 19). UMKM: Pengertian, Tujuan, Karanteristik, Jenis, dan Contohnya. Retrieved from www.kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/19/100000869/umkm--pengertian-tujuan-karanteristik-jenis-dan-contohnya#:~:text=Usaha%20kuliner%20adalah%20UMKM%20yang,kaki%2C%20topi%2C%20hingga%20aksesoris.

Sofyan. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik. Jurnal Akuntan Publik, 01-08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832

Xendit. (2021, Oktober 8). Strategi Pemasaran Online. Retrieved from Xendit.co: https://www.xendit.co/id/blog/3-macam-strategi-pemasaran-produk-secara-online-yang-paling-populer/#:~:text=Strategi%20pemasaran%20online%20adalah%20upaya,yakni%20sekitar%20137%20juta%20orang

Diterbitkan

30-11-2024

Terbitan

Bagian

Articles

##category.category##