Taksonomi Bloom sebagai Kerangka Instrumen Evaluasi Perilaku Ber-Kewijayakusumaan pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Penulis

  • jarmani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author

Kata Kunci:

Ber-Kewijayakusumaan, Instrumen Evaluasi, Taksonomi Bloom

Abstrak

Latar belakang: Pendidikan tinggi tidak hanya berorientasi pada pencapaian kompetensi akademik, tetapi juga pembentukan karakter mahasiswa. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menegaskan pentingnya nilai ber-Kewijayakusumaan yang tercermin dalam lima prinsip utama: Teguh, Teteg, Tatag, Tanggon, dan Trapsila. Untuk mengukur sejauh mana nilai-nilai tersebut terinternalisasi dalam diri mahasiswa, diperlukan instrumen evaluasi yang valid, reliabel, dan sistematis. Tujuan: Artikel ini bertujuan merancang instrumen capaian perilaku ber-Kewijayakusumaan dengan memanfaatkan kerangka Taksonomi Bloom enam tingkat (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Metode: Melalui pendekatan ini, setiap nilai ber-Kewijayakusumaan dikembangkan menjadi indikator capaian pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, sehingga menghasilkan butir instrumen yang dapat diukur secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil: Instrumen ini tidak hanya memberikan gambaran capaian perilaku mahasiswa, tetapi juga dapat menjadi dasar evaluasi dan pengembangan program pembinaan karakter di UWKS. Kesimpulan: Dengan demikian, taksonomi Bloom berfungsi sebagai kerangka konseptual yang menjembatani nilai lokal ber-Kewijayakusumaan dengan standar pedagogis internasional dalam evaluasi capaian pembelajaran mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2014). Research-based character education. Routledge.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: An introduction (8th ed.). Pearson.

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2007). The new taxonomy of educational objectives. Corwin Press.

Purwanto, N. (2014). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ed.). Rineka Cipta.

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. (2020). Statuta Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. UWKS Press.

Winkel, W. S. (2015). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Gramedia.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana Prenada Media.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Taksonomi Bloom sebagai Kerangka Instrumen Evaluasi Perilaku Ber-Kewijayakusumaan pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. (2025). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 256-264. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/866