Pelatihan Musik Tradisional Melalui E-Wijaya Gamelan Pada Siswa Sanggar Bimbingan Wira Damai, Batu Calves, Selangor, Malaysia

Penulis

  • Hery Setiyawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Jarmani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Anna Roosyanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

E-Wijaya, Gamelan, Malaysia, Pelatihan Musik, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan keterampilan musik tradisional gamelan melalui platform E-Wijaya Gamelan bagi siswa Sanggar Bimbingan Wira Damai, Batu Calves, Selangor, Malaysia. Latar belakang: Latar belakang kegiatan ini berangkat dari kebutuhan pelestarian budaya Nusantara di luar negeri, terutama bagi komunitas yang memiliki minat terhadap seni tradisi namun terbatas akses pembelajarannya. Tujuan: kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan musik tradisional gamelan kepada siswa Sanggar Bimbingan Wira Damai melalui pemanfaatan platform E-Wijaya Gamelan Metode: Metode pelaksanaan meliputi pelatihan daring dan luring terbatas yang berfokus pada pengenalan instrumen, teknik dasar tabuhan, serta praktik memainkan repertoar sederhana menggunakan media digital interaktif. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan motivasi belajar, pemahaman konsep dasar gamelan, serta kemampuan memainkan pola tabuhan awal secara mandiri. Selain itu, siswa mampu memanfaatkan E-Wijaya Gamelan sebagai sarana belajar berkelanjutan. Kesimpulan: Kegiatan ini menyimpulkan bahwa penggunaan media digital dapat menjadi solusi efektif dalam memperluas akses pembelajaran musik tradisional di komunitas luar negeri sekaligus mendukung pelestarian budaya Indonesia.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ardhana, I. (2019). Gamelan sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Seni Tradisi Nusantara. Yogyakarta: Pustaka Seniman Nusantara.

Hartono, B., & Lestari, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Musik Tradisional. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 115–124.

Irawati, D. (2018). Pembelajaran Musik Gamelan untuk Pemula melalui Media Visual dan Audio. Jurnal Seni dan Pendidikan, 7(1), 23–31.

Maryono, A. (2015). Gamelan: Struktur, Fungsi, dan Estetika. Surakarta: ISI Press.

Nugroho, S. (2021). Inovasi Pembelajaran Seni Tradisi Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 145–154.

Pitana, Y. (2016). Metode Pelatihan Musik Tradisi di Lingkungan Multikultural. Jurnal Musikologi Indonesia, 5(1), 58–67.

Prayitno, H. (2017). Pemanfaatan Media Digital dalam Pengenalan Gamelan kepada Generasi Muda. Jurnal Seni Pertunjukan Indonesia, 9(2), 75–84.

Suwendi, K. (2020). Model Pembelajaran Seni Musik dengan Bantuan Aplikasi Interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(4), 210–218.

Wijayanto, R. (2022). Pengembangan Platform E-Learning untuk Pembelajaran Musik Tradisional. Jurnal Teknologi dan Seni, 3(1), 32–40.

Yuliana, M. (2018). Pembelajaran Gamelan di Luar Negeri sebagai Bentuk Pelestarian Budaya Indonesia. Jurnal Internasional Pendidikan dan Seni, 4(2), 89–97.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Setiyawan, H., Jarmani, & Roosyanti, A. . (2025). Pelatihan Musik Tradisional Melalui E-Wijaya Gamelan Pada Siswa Sanggar Bimbingan Wira Damai, Batu Calves, Selangor, Malaysia. Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 360-366. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/865