Pembuatan Ponton Operasional Kerambah Leledi Boezem Morokrembangan Surabaya

Penulis

  • Soebagio Program Studi Teknik Sipil, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Utari Khatulistiani Program Studi Teknik Sipil, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Soerjandani Priantoro Machmoed Program Studi Teknik Sipil, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Boezem_Morokrembangan, Catamaram, Kerambah, Ponton

Abstrak

Boezem Utara, sebagian areanya  digunakan sebagai tempat budidaya ikan lele dengan menggunakan kerambah. Untuk  operasional dan pemeliharaan kerambah petani menggunakan pelampung gabus yang digabungkan. Secara teknik tentu saja alat ini kurang efektif karena ruangya terbatas dan kurang aman karena tidak  stabil saat dijalankan. Menyikapi kondisi ini Progdi Teknik Sipil memberikan bantuan berupa pembuatan ponton catamaram yang sesuai dengan kebutuhan dilapangan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pembuatan ponton diawali dengan perencanaan bentuknya, kemudian menentukan beban yang ditanggung sehingga dapat ditentukan kebutuhan dimensi ponton yang diperlukan. Hasil perencanaan ponton mempunyai dimensi 2,5 m x 1,2 m dengan menggunakan Pipa PVC berbentuk silinder dengan diameter 10 inch yang di letakan  di kanan-kiri dengan panjang 2,5 m. Ponton hasil perancangan didapati  lebih nyaman dan lebih stabil sehingga  dapat menjadi percontohan pembuatan ponton di lingkungan peternak ikan Boezem Morokrembangan. Diharapkan hasil pengabdian masyarakat ini meningkatkan produksi kerambah bagi petani nelayan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdullah. (2019). Kajian sistem drainase perkotaan dan peran boezem. Jurnal Hidrologi Terapan, 10(1), 12–20.

Hartono.(2020) Penerapan Teknologi Kerambah pada Pembudidayaan Ikan di Perairan. Jurnal Teknologi Perikanan. ;11(1):1-10.

Hidayat. (2021). Inovasi transportasi apung untuk budidaya perikanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 5(1), 55–63.

Kusuma.(2020), Pengembangan Desain Ponton untuk Kapal Perikanan. Jurnal Teknologi Kelautan, 16(1):1-12.

Nugroho.(2021). Studi stabilitas catamaran untuk perahu nelayan. Jurnal Teknologi Kelautan, 18(1), 33–41.

Prasetyo. (2018) Aplikasi Hukum Archimedes dalam Pembuatan Ponton. Jurnal Teknik Sipil, 20(1):1-10.]

Prasetyo.(2019), Aplikasi Ponton pada Pembangunan Dermaga. Jurnal Teknik Sipil. 21(1):1-10.

Rahmawati. (2022). Efisiensi penggunaan ponton dalam budidaya ikan air tawar. Jurnal Perikanan Indonesia, 19(2), 77–85.

Soemarno.(2017). Pengelolaan Boezem Morokrembangan sebagai Sistem Drainase Kota Surabaya. Jurnal Teknik Sipil, 20(1):1-10.

Sutanto.(2017), Pengembangan Kerambah Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 2020;12(1):1-12. 1.

Sutanto. Perancangan Ponton untuk Kapal Penumpang. Jurnal Teknologi dan Industri, 12(1):1-8.

Sutanto. (2015). Penerapan Hukum Archimedes dalam Pembuatan Kapal. Jurnal Teknologi dan Industri, 10(1):1-8.

Santoso. (2020). Pemanfaatan multiplex dan material kayu pada konstruksi perairan. Jurnal Rekayasa Sipil, 15(2), 22–30.

Triyono. (2019). Teknologi PVC untuk konstruksi apung. Jurnal Material dan Konstruksi, 14(2), 45–52.

Wahyudi. (2017). Analisis Hukum Archimedes pada Benda yang Tercelup dalam Air. Jurnal Fisika Indonesia. ;23(1):1-6.

Wahyudi. (2018). Analisis Kinerja Boezem Morokrembangan dalam Mengatasi Banjir di Surabaya. Jurnal Hidrolika, 13(1):1-12

Wahyudi. (2018). Analisis Kestabilan Ponton pada Kondisi Gelombang. Jurnal Fisika Indonesia, 24(1):1-6.

Yuliani. (2020). Pengaruh desain catamaran terhadap stabilitas kapal kecil. Jurnal Teknologi Maritim, 13(1), 88–96.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Pembuatan Ponton Operasional Kerambah Leledi Boezem Morokrembangan Surabaya. (2025). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 100-107. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/853