Pelatihan Pendekatan Deep Learning Sebagai Pembelajaran Berkualitas dan Bermakna Bagi Guru Di SDN Banyu Urip IX Surabaya
Kata Kunci:
computer vision, Deep learning, pembelajaran berkualitasAbstrak
Latar Belakang: Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang begitu pesat. Teknologi informasi memberikan kemudahan dalam pengolahan data yang dapat dijadikan sebagai sebuah informasi untuk membantu dalam mengambil keputusan. Contoh teknologi yang dapat membantu kehidupan sehari-hari adalah computer vision. Computer Vision merupakan salah satu cabang ilmu dari kecerdasan buatan yang memampukan komputer memiliki fungsionalitas sama seperti mata manusia. Pada belakangan ini deep learning menjadi sorotan dalam pengembangan machine learning karena deep learning telah mencapai hasil yang luar biasa dalam computer vision. Deep learning merupakan salah satu pendekatan dari machine learning dan pengembangan dari Artifical Neural Network (ANN), yang terinspirasi dari cara kerja otak dalam mempelajari dan menyelesaikan sebuah permasalahan. Tujuan: pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini agar guru-guru khususnya di SDN Banyu Urip IX Surabaya dapat menciptakan pembelajaran yang lebih mendalam, kritis, dan bermakna dengan memperhatikan tiga elemen utama: Mindful Learning, menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan latar belakang siswa. Meninggalkan metode pembelajaran ceramah yang monoton dan membuat siswa pasif di dalam kelas. Metode: pelaksanaan kegiatan pegabdian masyarakat ini berupa pelatihan dengan memberikan informasi dan keterampilan kepada guru dengan menggunakan metode presentasi, ceramah, tanya jawab dan diskusi. Hasil: Pelatihan Deep Learning sangat bermanfaat bagi guru terutama di SDN Banyu Urip IX Surabaya dalam menambah pemahaman pendekatan lain terutama untuk murid ABK. Kesimpulan: Terdapat tiga elemen penting dalam pembelajaran Deep Learning yaitu: Meaningful Learning, Mindful learning, dan joyful learning
Unduhan
Referensi
Ar-Rasyid,F.,Falsya Dewindri,K., & Triani,L. (2025). Implementasi Metode Deep Learning, JOEBAS: Journal Of Education, Behavior, and Social Studies, Vol.1(1). 29-40.
Ariyati, S., Wardatussai’dah, I., & Sumantri, M. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Deep Learning. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol.11(3).213-224.
Dargan, S., Kumar, M., & Ayyagari, M. R. (2019). A Survey of Deep Learning and Its Applications : A New Paradigm to Machine Learning. Archives of Computational Methods in Engineering, Springer Nature Link. Vol. 27. Page 1071-109.
Data Pokok Pendidikan SDN Banyu Urip IX Surabaya. (2023). Tidak diterbitkan. Terdapat pada: https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/3CB4EF11F6A48114FE0C
Fahdini, A, M., Fajariyah, F., Azkia, M., Musir, A., & Rostika, D.,(2023). Analisis Permasalahan Pembelajaran di SD Negeri Cibiru 09 Kabupaten Bandung. Didaktik: Kurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol.9 (5). 1-15.
Irfan, S. Al, & Widodo, N. S. (2020). Application of Deep Learning Convolution Neural Network Method on KRSBI Humanoid R-SCUAD. Word of Journals: Buletin Ilmiah Sarjana Teknik Elektro, 2(1), Page: 40. https://doi.org/10.12928/biste.v2i1.985
Khailla,F,D., Amanda, H., Maspupah. (2025) Strategi Pembelajaran Deep Learning dalam Mengembangkan Rasa ingin tau Siswa Sekolah Dasar. JOEBAS: Journal Of Education, Behavior, and Social Studies. Vol. 1(1). 20-28.
Mandasari, N, M., Puri, A., & Hapsari, A. (2025). Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. JRPD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vo.8 (2). 25-32.
Syafi’i, A., dan Darnanengsih. (2025) Pendekatan Pembelajaran berbasis Deep Learning: Mindful Learning, Meaning Learning dan Joy Learning. Al-Mumtaz: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.2 (1). 1-6.
Rosiyati, D., Revina, R., Fadilla., Sholihah.,U, & Musrikah (2025). Pendekatan Deep Leraning Dalam Kurikulum Merdeka. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME).Vol.4(2). 131-143.
