Bahan Ajar Matematika Digital Berbasis Promote Action Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran
Kata Kunci:
Bahan Ajar, Komunikasi Guru, Promote ActionAbstrak
Latar Belakang: Keberhasilan pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh penguasaan materi oleh guru, tetapi oleh kemampuan guru dalam menyampaikan materi secara efektif kepada siswa. Siswa dalam belajar matematika terlihat kesulitan dalam menyelesaikan soal yang membutuhkan pemahaman konsep, kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif membuat siswa cepat bosan dan kesulitan memahami materi matematika. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika digital berbasis promote action untuk mengukur kemampuan komunikasi guru dalam pembelajaran matematika. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden adalah guru matematika dan siswa kelas XII SMA. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi bahan ajar matematika digital, lembar observasi guru, angket respon guru dan siswa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika digital memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil: Hasil uji-t berpasangan menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Skor komunikasi verbal dan non verbal guru 100% signifikan terhadap belajar siswa. Kesimpulan: Dengan demikian penggunaan bahan ajar bahan ajar matematika digital berbasis promote action dapat mengukur kemampuan komunikasi guru.
Unduhan
Referensi
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Chianson-Akaa, M. M., Achor, E. E., & Rott, B. (2025). Impact of teacher communication skills on students’ classroom engagement in mathematics learning. Teaching Mathematics and Computer Science, 23(1), 1–27. https://doi.org/10.5485/tmcs.2025.14242
Hidayat Shil, R. Z. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Pada materi Termokimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Fase F SMA/MA. 5(1), 217–222. https://doi.org/10.52562/biochephy.v5i1.1609
Hidayati, W. S., Dian, J., Iffah, N., Tristanti, L. B., & Nabilah, A. (2024). Digital assessment model to identify student creativity in constructing mathematics instructional media. 51(9).
Hidayati, W. S., Iffah, J. D. N., & Rafi, M. F. (2021). Identifikasi soft skills guru dalam pembelajaran matematika. Prosiding Conference on Research and Community Services, 3(1), 95–102.
Hidayati, W. S., Nurul, D., & Rafi, F. (2022). Describing soft skills attributes of senior high school teacher in mathematics learning. 020024(July).
Hidayati, W. S., & Tristanti, L. B. (2024). Intrapersonal and interpersonal range of student skills in mathematics learning. 25(July), 166–177.
Hidayati, W. S., Tristanti, L. B., & Hudayana, N. A. (2023). Soft skills development of students in learning mathematics. 9, 171–188.
Hutagalung, T., Fitri, A., Susanto, N. R., Aprilia, P., Sastra, B., & Medan, U. N. (2024). Analisis Pengaruh Komunikasi Verbal terhadap Kemampuan Siswa Kelas X SMAN 16 Medan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Pembentukan Model Matematika pada Materi SPLDV. 8, 13563–13570.
Iffah, J. D. N. (2021). Program studi pendidikan matematika. Promote Action Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika, 12. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/math/article/view/1947
Kurniawan, R., Farras, I., & Audia, M. (2025). Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru dalam Pembelajaran di Pesantren Yayasan Islamic Centre pada Era Digital Verbal and Nonverbal Communication of Teachers in Learning at the Islamic Center Foundation Islamic Boarding School in the Digital Era. 5(2), 1232–1241.
Manurung, A. dan S. (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas III sekolah dasar. 3, 430–438.
Masliah, S., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2023). Pengembangan bahan ajar berbantuan geogebra pada materi transformasi geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1587–1598. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17377
Meslita, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1857–1868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1409
Mulia, J. G. (2024). Tren penelitian penggunaan. 15(2), 210–219.
Nisa, L. C., Isnawati, A. R., Rachmawati, A. K., & Miasary, S. D. (2025). Pemanfaatan desmos untuk pembelajaran matematika interaktif bagi guru matematika SMK di Salatiga. 10(1), 59–72.
Nurhayati, N. (2023). Pengembangan bahan ajar berdeferensiasi ( Literature Review ). Jurnal Normalita, 11(3), 531–538.
Prihatni, Y., Pusporini, W., & Jamalulail, Q. (2023). Pengembangan bahan ajar digital berbasis aajaran tamasiswa menggunakan canva. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3295–3305.
Putri, Y. I. A., Sumarmi, S., Putra, A. K., & Soekamto, H. (2022). Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM pada materi sumber dan analisis data kependudukan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), 31–41. https://doi.org/10.17977/um063v2i1p31-41
Setiawan, A. B., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Geogebra Materi Segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2729–2738. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2389
Suhaifi, A., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230.
Umami, R. (2024). ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIKA GURU DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN. 16, 131–138.
Zalfa Nabila, Z., Purwati, E., & Megantari, K. (2025). Analisis komunikasi nonverbal guru dalam interaksi siswa di SLB Negeri Jenangan Ponorogo. 11(1), 101–119.
