Pelatihan Public Speaking sebagai Strategi Efektif bagi Guru Profesional dalam Menciptakan Pembelajaran yang Inspiratif Di SDN Dukuh Kupang I Surabaya

Penulis

  • Desi Eka Pratiwi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Diyas Age Larasati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Suprihatien Penulis

Kata Kunci:

public speaking, Pengembangan Profesional Guru, Pembelajaran Inspiratif, Sekolah Dasar

Abstrak

Latar belakang:Kemampuan public speaking merupakan keterampilan esensial yang perlu dimiliki oleh guru profesional dalam menghadirkan pembelajaran yang komunikatif, inspiratif, dan bermakna. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelatihan public speaking sebagai strategi pengembangan profesional guru serta menganalisis pengaruhnya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di SDN Dukuh Kupang I Surabaya. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model kegiatan berupa pelatihan, praktik, dan pendampingan reflektif. Subjek penelitian terdiri atas 20 guru sekolah dasar yang mengikuti pelatihan secara intensif selama tiga minggu. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa pelatihan public speaking mampu meningkatkan kemampuan komunikasi lisan, kepercayaan diri, serta keterampilan retorika guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu, guru juga menunjukkan peningkatan dalam membangun interaksi positif dengan siswa, menggunakan bahasa tubuh yang efektif, serta mengelola suasana kelas secara lebih dinamis dan inspiratif. Pelatihan ini tidak hanya berdampak pada peningkatan kompetensi profesional, tetapi juga menumbuhkan motivasi intrinsik guru untuk terus berinovasi dalam mengajar. Kesimpulan: Dengan demikian, pelatihan public speaking dapat dijadikan strategi efektif dalam pengembangan profesionalisme guru untuk menciptakan pembelajaran yang inspiratif, komunikatif, dan berpusat pada peserta didik di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, R., & Mulyana, A. (2022). Penguatan kompetensi komunikasi guru dalam pembelajaran interaktif abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 45–56.

Hapsari, R., & Setiawan, D. (2021). Komunikasi digital dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2012). Professional capital: Transforming teaching in every school. New York: Teachers College Press.

Knowles, M. S. (1984). The adult learner: A neglected species (3rd ed.). Houston: Gulf Publishing.

Mehrabian, A. (1971). Silent messages. Belmont, CA: Wadsworth.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdin, S., & Adriantoni, A. (2021). Strategi pembelajaran di era digital. Yogyakarta: Deepublish.

Prihantoro, E. (2019). Public speaking untuk pendidik dan pelatih. Yogyakarta: Deepublish.

Rahman, A. (2020). Keterampilan komunikasi di era digital bagi guru dan dosen. Bandung: Alfabeta.

Suherman, S. (2022). Pengembangan kompetensi guru profesional di era revolusi industri 4.0. Bandung: Alfabeta.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.

Utami, N. P., & Susanto, A. (2023). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan public speaking. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 8(2), 101–110.

Widodo, H., & Santosa, D. (2020). Pembelajaran berbasis komunikasi efektif dalam meningkatkan motivasi siswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 8(3), 233–240.

Yulianti, D. (2021). Pelatihan public speaking untuk guru sekolah dasar sebagai upaya peningkatan kompetensi profesional. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 112–120.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Pelatihan Public Speaking sebagai Strategi Efektif bagi Guru Profesional dalam Menciptakan Pembelajaran yang Inspiratif Di SDN Dukuh Kupang I Surabaya. (2025). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 68-79. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/825