Pengenalan Building Information Modelling (BIM), Sertifikat Keahlian dan Keterampilan Kerja pada Siswa SMA Sejahtera Surabaya
Kata Kunci:
Building Information Modelling, Siswa SMA, sertifikasi profesi, Sosialisasi Karir, Transformasi Digital KosntruksiAbstrak
Latar Belakang: Transformasi digital industri konstruksi Indonesia memerlukan kesiapan SDM yang kompeten, dimana Building Information Modelling (BIM) dan sertifikasi profesi SKA/SKT menjadi komponen kunci, namun sosialisasi perkembangan ini masih terbatas pada pendidikan tinggi dan profesional sehingga siswa SMA sebagai calon penerus belum mendapatkan akses informasi memadai tentang peluang karir konstruksi modern. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dan aplikasi BIM, menjelaskan sistem sertifikasi SKA/SKT, serta meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap peluang karir konstruksi digital. Metode: Metode yang digunakan berupa pendekatan partisipatoris yang mengintegrasikan ceramah interaktif, demonstrasi software BIM, dan praktik sederhana dengan 50 siswa jurusan IPA yang dipilih secara purposif, dimana efektivitas kegiatan diukur menggunakan kuesioner pre-test dan post-test identik yang dianalisis secara deskriptif. Hasil: Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman konseptual yang signifikan dengan rata-rata peningkatan 56,4% dimana pemahaman konsep dasar BIM meningkat dari 45,2% menjadi 88,6%, manfaat BIM dari 38,7% menjadi 85,3%, pentingnya sertifikasi dari 32,5% menjadi 82,1%, serta pemahaman peluang karir digital dari 41,3% menjadi 87,4%, disertai umpan balik kualitatif yang menunjukkan perubahan persepsi positif peserta. Kesimpulan: Kesimpulan program ini berhasil meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap BIM, sertifikasi profesi, dan karir konstruksi digital, sehingga untuk keberlanjutan dampaknya diperlukan integrasi materi ke dalam kurikulum bimbingan karir sekolah serta replikasi model pelatihan serupa di SMA lainnya.
Unduhan
Referensi
Aditia R & Hidayat B. (2022). Analisis kebutuhan kompetensi BIM dalam industri konstruksi Indonesia. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan 24(1) 45-56.
Athallah M R B Prakosa S Rachmad I P S Mustofa E S & Atsiil D R. (2025). Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menggunakan Microsoft Word. PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat) 3(1) 12-23.
Azhar S. (2018). Building Information Modeling (BIM): Trends benefits risks and challenges for the AEC industry. Leadership and Management in Engineering 11(3) 241-252.
Chen L & Wang H. (2021). Digital transformation in construction education: A review of BIM implementation in vocational schools. International Journal of Construction Education and Research 17(2) 134-150.
Davis K Smith P & Brown R. (2020). Integrating BIM technology in secondary education: Case studies from developed countries. Journal of Construction Engineering and Management 146(8) 04020085.
Gunawan I Santoso D & Wijaya A. (2023). Sertifikasi profesi konstruksi di Indonesia: Studi evaluasi implementasi SKA dan SKT. Jurnal Manajemen Konstruksi 15(2) 78-92.
Haryanto Y & Sari D.P. (2022). Effectiveness of digital training methods for construction technology education. Journal of Vocational Education Studies 5(1) 23-35.
Lee S & Kim J. (2021). BIM education framework for K-12 students: Development and implementation. Journal of Building Engineering 44 103266.
Mahardini F A Mutyara D Putri D A Wicaksono M Y K A & Shiva C A. (2025). Pelatihan desain menggunakan aplikasi Canva kepada anak-anak di Kupang Gunung Jaya Kota Surabaya Jawa Timur untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan visual. PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat) 3(1) 45-56.
Nurhayati S & Putra R.A. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat karir generasi Z di industri konstruksi. Jurnal Pendidikan Vokasi 13(1) 67-82.
Rahman M.M & Chang L. (2022). Challenges and opportunities of BIM implementation in developing countries. Engineering Construction and Architectural Management 29(8) 3125-3145.
Smith J & Johnson M. (2020). Visual learning in technical education: The impact of 3D modeling software. Journal of Technical Education and Training 12(3) 45-60.
Suharso A B K. (2023). Pelatihan pembangunan toilet sehat untuk masyarakat Desa Klitih Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat) 1(2) 15-25.
Suharso A B K & Maliki A. (2023). Peningkatan potensi masyarakat pedesaan menuju desa unggul berwawasan teknologi di Desa Kedungkimpul Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan. PENITI BANGSA (Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Masyarakat) 1(2) 35-45.
Supriyadi E & Wibowo A. (2023). Transformasi digital industri konstruksi Indonesia: Tinjauan regulasi dan implementasi. Jurnal Teknologi dan Ilmu Konstruksi 10(2) 112-128.
Wang C & Li H. (2022). BIM-based curriculum development for vocational high schools. Journal of Civil Engineering Education 148(3)
