Peningkatan Efisiensi Dan Daya Saing Irt Dumbeg Melalui Integrasi Teknologi Dan Pemasaran Digital
Kata Kunci:
Dumbeg, industri rumah tangga, media sosial, pemasaran , transformasi digital.Abstrak
Latar belakang: Kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan karena adanya permasalahan pada kelompok Industri Rumah Tangga (IRT) makanan tradisional dumbeg di Desa Pohlandak, Rembang, yang meliputi proses produksi yang masih manual, manajemen usaha belum teradministrasi, dan pemasaran yang konvensional. Tujuan: Tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas produksi, efisiensi manajemen, dan daya saing pemasaran IRT dumbeg melalui transformasi digital. Metode: Solusi diimplementasikan melalui transfer teknologi tepat guna (rekayasa alat pengaduk stainless steel), pelatihan manajemen berbasis creativepreneurship, dan pemanfaatan media sosial untuk promosi. Hasil: Implementasi teknologi untuk proses produksi dan promosi menghasilkan peningkatan kapasitas produksi sebesar 200 menjadi 300 unit per hari, peningkatan omset ±10%, dan peningkatan literasi digital anggota kelompok sebesar 80% dalam pemanfaatan media sosial seperti instagram, facebook dan tiktok. Kesimpulan: Dengan demikian menunjukkan bahwa transformasi digital terbukti efektif sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan efisiensi dan menjamin keberlanjutan usaha berbasis potensi lokal.
Unduhan
Referensi
Dinas Kominfo Kota Medan. (2022, 29 Juni). Pemko Medan Gelar Pelatihan Pemasaran dengan Trend Digital, Diharapkan dapat Tingkat Pengetahuan Pelaku UMKM dalam Memasarkan Produk Secara Digital. Portal.Medan.Go.Id. https://portal.medan.go.id/
Evasari, A., Utomo, Y., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan dan pemanfaatan e-commerce sebagai media pemasaran produk UMKM di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71–75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603
Friska, N., Anisah, H., & Hidayatullah, M. (2024). Dampak digitalisasi terhadap pertumbuhan UMKM di negara berkembang. Jurnal Riset dan Inovasi Manajemen, 2(4).
Hariroh, F., Azis, N., Sandi, P., Hermiati, N., & Aprilia, W. (2024). Peranan kompetensi sumber daya manusia UMKM dalam meningkatkan kinerja UMKM. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 2(1), 48–54.
Hidayati, N., Pungkasanti, P., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai digital marketing UMKM di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Imjai, N. (2024). Impact of logical thinking skills and digital literacy on Thailand’s Generation Z accounting students’ internship effectiveness: Role of self-learning capability. International Journal of Educational Research.
Indriyani, I., Wiranata, I., & Hiu, S. (2024). Strategi peningkatan efisiensi operasional UMKM di era digital: Pendekatan kualitatif dengan Business Intelligence dalam implementasi E-Commerce. Informatics For Educators And Professional: Journal of Informatics, 9(1), 23. https://doi.org/10.51211/itbi.v9i1.2760
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan digital marketing sebagai strategi pemasaran pada UKM dalam menghadapi era industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.
Muniroh, H., & Alliyah, S. (2022). Pembekalan manajemen usaha dan pembukuan sederhana pada kelompok budi daya buah markisa di Desa Sidomulyo Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 226–230.
Naimah, R., Wardhana, M., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
Nur, H., & Deniaty, D. (2024). Penerapan pencatatan keuangan digital pada UMKM dalam mewujudkan SDGs Desa. Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(3), 36–43. https://doi.org/10.61722/japm.v2i3.1417
Prayogi, A., & Kirom, M. (2022). Pendampingan pengembangan digitalisasi UMKM masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan menghadapi era new normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14–24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652
Rahajoe, A. (2023). Penguatan branding UMKM Go-Digital Usaha Eka Jaya Tekstil. Plakat Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 5(2), 184. https://doi.org/10.30872/plakat.v5i2.13197
Rosyidah, A., Ediati, R., & Murwani, I. (2021). Aneka olahan bandeng dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan daya saing UMKM di Kelurahan Keputih. Sewagati, 5(3), 269–277. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i3.39
S, A., & Nurhidayati, A. (2019). Pengaruh Knowledge Sharing terhadap kinerja bisnis melalui inovasi. Research Fair Unisri, 3(1).
