Ilustrasi Edukatif sebagai Media Internalisasi Nilai Cerita Rakyat Sultan Domas dari Lampung dalam Pembelajaran Seni Budaya
Kata Kunci:
cerita rakyat, ilustrasi edukatif, kearifan lokal, Sultan Domas, pembelajaran lintas budayaAbstrak
Latar Belakang: Penelitian “Development of Intercultural Creativity through Art Education at Junior High School” mengungkap bahwa sekolah dengan latar budaya yang heterogen merupakan tempat yang sangat efektif untuk menerapkan metode pembelajaran lintas budaya. Tujuan: untuk menganalisis penggunaan ilustrasi edukatif sebagai media internalisasi nilai-nilai cerita rakyat Sultan Domas dari Lampung dalam pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi karya siswa, kemudian dianalisis menggunakan enam tahapan analisis tematik Braun dan Clarke. Hasil: menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung melalui tiga tahapan utama, yaitu pengenalan nilai budaya, eksplorasi visual, dan penciptaan karya ilustratif reflektif. Media ilustrasi terbukti efektif dalam menumbuhkan pemahaman nilai moral seperti tanggung jawab, kerendahan hati, dan kepemimpinan bijaksana, serta meningkatkan apresiasi terhadap kearifan lokal Lampung. Selain itu, kegiatan ilustratif mendorong terjadinya dialog budaya visual antara nilai-nilai Lampung dan konteks Yogyakarta yang memperkuat toleransi dan kesadaran multikultural siswa. Kesimpulan: Hasil kajian ini mendukung prinsip Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
Unduhan
Referensi
Braun, V., & Clarke, V. (2021). Thematic analysis: A practical guide. London, England: SAGE Publications.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Capaian pembelajaran seni dan budaya fase D (SMP/MTs) Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/capaian-pembelajaran
Kurniasih, E. (2021). Pembelajaran lintas budaya dalam konteks pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 145–156.
Mulyani, S. (2021). Cerita rakyat sebagai media pembentukan karakter dalam pembelajaran seni budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 34–45.
Muryasari, D., Rohiman, R., & Mahendra, I. (2024). Tinjauan ikonografi dan ikonologi poster iklan Red Bull “Power on for strength”. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 13(1), 231–237.
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/1609406917733847
Nugrahani, Y. (2017). Sultan Domas, Pemimpin yang Sakti dan Baik Hati: Cerita rakyat Lampung. Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Retrieved from https://repositori.kemendikdasmen.go.id/22618
Nurgiyantoro, B. (2019). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat nusantara. Jurnal Bahasa dan Sastra, 19(2), 101–113.
Pujiriyanto, H. (2022). Visual culture dalam pendidikan seni: Perspektif komunikasi dan nilai budaya. Jurnal Imajinasi, 10(2), 112–124.
Rohmah, I. (2022). Pengembangan kreativitas melalui cerita rakyat dalam pembelajaran seni rupa di sekolah dasar. Jurnal Kreatif: Pendidikan dan Seni, 7(1), 33–45.
Rustan, S. (2017). Font & tipografi. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.
Suharto, B. (2020). Pendidikan seni lintas budaya sebagai strategi penguatan karakter bangsa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 459–470
Supriyono, R. (2010). Desain komunikasi visual: Teori dan aplikasi. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset.
Tinarbuko, S. (2021). Perancangan dan pengkajian desain komunikasi visual. Yogyakarta, Indonesia: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Widyatama Putra, Z. A., Muryasari, D., & Medilianasari, R. (2023). Integrating Ethnopedagogy and Cultural Arts Education: Preserving Indonesia's Heritage in the Globalized Era. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 7(3). https://doi.org/10.23887/ijerr.v7i3.76244
Wicaksono, N. F. A., & Muryasari, D. (2025). Perancangan Backdrop SMA Negeri 1 Girimulyo dengan Motif Batik Geblek Renteng sebagai Representasi Budaya Kulon Progo dan Edukasi Siswa. Jurnal Matra. Vol. 4, No. 1. 14-27
