Kreasi, Kolaborasi, dan Aksi Penguatan Inovasi Produk UMKM Kuliner
Kata Kunci:
Inovasi Produk, Kuliner, UMKM, Pengabdian Masyarakat, Pengelolaan keuanganAbstrak
Latar belakang: Pelaku UMKM di sektor kuliner memiliki kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Namun, sebagian besar UMKM masih menghadapi kendala dalam pengelolaan keuangan dan inovasi produk. Kurangnya pengetahuan tentang pencatatan keuangan sederhana dan terbatasnya kemampuan mengembangkan produk baru menyebabkan rendahnya daya saing di pasar. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan tersebut melalui pelatihan terpadu. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM kuliner dalam aspek pengelolaan keuangan usaha dan inovasi produk agar mampu mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan kompetitif. Metode: pelaksanaan meliputi penyuluhan, diskusi interaktif, dan hands-on workshop. Kegiatan diikuti oleh 56 peserta binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya. Materi pertama diberikan oleh FEB UPN “Veteran” Jawa Timur mengenai pengelolaan keuangan, sedangkan materi kedua oleh Akademi Kuliner dan Patiseri OTTIMMO Internasional mengenai inovasi produk Crispy Green Tea Chocolate Pie. Evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan kuesioner kepuasan peserta dan observasi langsung. Hasil: menunjukkan bahwa 91% peserta mengalami peningkatan pemahaman dalam pengelolaan keuangan, sementara 94% menyatakan pelatihan inovasi produk sangat menarik dan bermanfaat. Peserta juga berhasil menciptakan produk olahan cokelat inovatif dengan nilai jual tinggi. Kesimpulan: Artinya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan manajerial dan kreatif pelaku UMKM kuliner. Kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan mitra industri terbukti efektif dalam memperkuat daya saing UMKM serta memberikan kontribusi positif bagi pemberdayaan ekonomi lokal yang berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Aidah, R. N., Pinandhito, G. S., Ayu, L. I., Ramadhan, L., & Tiara, A. (2023). UMKM dalam Perspektif Keuangan dan Manajemen. RATIO: Reviu Akuntansi Kontemporer Indonesi, 149-156.
Drucker, P. F. (1985). Innovation and Entrepreneurship. Harper & Row.
Hertadiani, V. W., & Lestari, D. (2021). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Sektor Kuliner di Jakarta Timur. Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 19-31.
Khabibah, D. K., Rokhman, N., & Rianawati, T. (2025). Pengaruh Modal Usaha, Inovasi Produk, dan Strategi Pemasaran Terhadap Persepsi Pofitabilitas Pelaku UMKM Kuliner di Wilayah Pekalongan. EBISNIS (Scientific Journal of Economics and , 409-420.
Khaeruman, Tabroni, Hanafiah, H., Bahits, A., Kartika, R., Salapudin, & Fatari. (2025). Upaya Pengembangan dalam Strategi Inovasi Menu dan Pengembangan Produk Unggulan UMKM Kuliner Di Kota Serang. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 103-113.
Khairunnisa, A., Nafrilla, D., Hani, F., Pratama, R. A., Anti, I. D., Prasetyo, A. A., & Septiana, E. (2025). Implementasi SAK UMKM dalam Pelaporan Keuangan Sederhana UMKM Kuliner atau UMKM Produsen Cemilan. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat , 431-438.
Marcela. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM Kuliner di Kota Palembang. K&K_JURNAL MANAJEMEN,, 583-604.
Maulana, M. H., Ruhamak, M. D., & Putro, D. R. (2025). Pengaruh Ekonomi Digital dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan UMKM Kota ediri (StudiPada UMKMPenerima Bantuan Modal Kota Kediri). Journal of Education and Management Studies, 107-119.
Ningrum, R., Ramdani, W. R., & Purnama, I. (2025). Inovasi Produk dan Strategi Pemasaran Kue Pukis Mini sebagai Peluang Usaha Kuliner Kreatif Berbasis UMKM. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat , 170-180.
Ningsih, N. W., Kusuma, P. A., Maha Diva, A. I., & Wulandari, N. F. (2025). Pengembangan UMKM Kuliner Tradisional melalui Proses Produksi dan Inovasi Produk pada PT Bakpia Juwara Satoe Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI , 372-379.
Nurdyanto, S. D., Ismail, T., & Sapiri, M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Kemampuan Manajerial (Studi Kasus Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat). Al Buhuts, 62-102.
Pratama, R., Ramadhan, A., & Hasanah, U. (2025). Pengaruh lama usaha, modal usaha dan inovasi terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Medan Sungga. Journal of Economics Research and Policy Studies, 515-531.
Ritonga, N., Azahra, D., & Prabowo, D. V. (2025). Peran Kreativitas Wirausaha terhadap Inovasi Produk Pada UMKM Kuliner di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 16461-16463.
Romadia, Floryan, Mahendra , F., & Noviyanti, I. (2025). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner di Kota Pangkalpinang. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 49-60.
Scarborough, N. M., & ZImmerer, T. (2000). Effective Small Business Management: An Entrepreneurial Approach. Blomington, Amerika Serikat: Prentice Hall.
