Minat Siswa SMKS Al Fajar Parenggean Terhadap Pembibitan Cabai Berkelanjutan Berbasis Proyek
Kata Kunci:
Agripreneurship, Minat Belajar, Pembibitan Cabai, Project-Based Learning, VokasiAbstrak
Latar belakang: Rendahnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian menjadi tantangan besar bagi lembaga pendidikan vokasi dalam menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing. Salah satu pendekatan pembelajaran yang relevan untuk mengatasi masalah tersebut adalah Project-Based Learning (PjBL), yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam proses belajar berbasis pengalaman nyata. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model PjBL terhadap minat belajar dan semangat kewirausahaan siswa pada kegiatan pembibitan cabai berkelanjutan di SMKS Al Fajar Parenggean. Metode: Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa kelas XII Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Data diperoleh melalui observasi kegiatan, wawancara reflektif, serta dokumentasi proses pembelajaran, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memahami dinamika penerapan PjBL. Hasil: Penerapan PjBL mendorong keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembibitan cabai, yang menghasilkan pengalaman belajar bermakna serta meningkatkan motivasi, tanggung jawab, dan kemandirian. Aktivitas kontekstual ini juga menumbuhkan kesadaran terhadap nilai kerja keras, keberlanjutan lingkungan, dan peluang ekonomi lokal. Kesimpulan: Model PjBL terbukti efektif dalam menumbuhkan minat belajar serta semangat agripreneurship siswa melalui pengalaman belajar nyata. Pendekatan ini mendukung tujuan pendidikan vokasi dalam mencetak lulusan yang terampil, adaptif, dan berorientasi pada pembangunan pertanian berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. (2023). Panduan implementasi pembelajaran berbasis proyek di SMK. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Fachri, W., Komalasari, K., & Wiyanarti, E. (2023). Inovasi model pembelajaran melalui Project-Based Learning: Menggali potensi kreativitas siswa. JEMBA: Journal of Economics, Management, Business, and Accounting, 3(2), 241–254. Universitas Komputer Indonesia.
Fitri, H. M., Khaerunnisa, P., Setiawan, E., & Wardoyo, S. (2025). Peningkatan keterampilan pra-vokasional siswa SMK melalui Project-Based Learning (PjBL): Studi literatur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 307–318. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.996
Fortuna, Q. (2025). Upaya peningkatan hasil belajar materi pertanian pada siswa Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. PTK: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, 5(1), 55–64. https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk/article/download/1583/1024
Habibah, U. (2024). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK Al Musyawirin. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(4), 22–31. https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/661
Lestari, A., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMK bidang agribisnis. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 7(2), 145–153. https://ejournal.upi.edu/index.php/jptp/article/view/34561
Muhtar, S., Irawan, F., & Setyawan, H. (2025). Implementation of Project-Based Learning model in vocational high schools: A bibliometric analysis. Educational Process: International Journal, 14(1), 101–115. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1475881.pdf
Novitasari, E., Rahman, K., Mustarin, A., Lestari, N., & Jusran, J. (2024). AgroTech Smart: Pelatihan media pembelajaran irigasi berbasis mikrokontroler IoT ESP32 dengan pendekatan Project-Based Learning di SMKS Islam Pesantren Alam Indonesia. Kreativa: Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 33–42. https://journal.lontaradigitech.com/KREATIVA/article/view/628
Nupus, H., Fitriana, M., Bahri, M. S., Widayat, M., Saputra, N. A., & Rahman, M. F. (2025). Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa SMK. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 70–85. Universitas Pamulang.
Purnama Putri, Y. L., Laksitarahmi Isrianto, P., & Nuriyah, S. (2025). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMKN 1 Gondang Nganjuk. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 3(3), 100–109. https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i3.1660
Purnami, I., & Safitri, D. I. (2023). Penerapan model Project Based Learning berbasis pertanian industrial untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa tema wirausaha. Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 11(2), 1–12. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/download/9090/3213
Saphira, A., Amirah, A., & Marhayati, M. (2025). Persepsi guru dan siswa terhadap penerapan model Project Based Learning di Jurusan Agroteknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 Pangkep. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 3(2), 930–938. https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/687
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Soekartawi. (2002). Prinsip dasar manajemen agribisnis. Raja Grafindo Persada.
Suratiyah, K. (2015). Ilmu usahatani (Edisi ke-3). Penebar Swadaya.
Yuliana, S., & Ramadhan, F. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa SMK pertanian. Jurnal Pendidikan Agroteknologi, 8(1), 33–40. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpa/article/view/37210
