Integrasi Habitus pada Pembelajaran Muatan Lokal Berbasis Vark Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Probosiwi Probosiwi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Koresponden Author
  • Desiana Muryasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta Penulis
  • Dian Effendi SDN 12 Gunung Terang, Lampung Penulis
  • Anisa Miftachul Ulum Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Penulis
  • Maya Tri Aprilia Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Penulis

Kata Kunci:

habitus, integrasi, pembelajaran muatan lokal, pendekatan vark

Abstrak

Latar belakang: pembelajaran muatan lokal yang terus digalakkan oleh pemerintah di lingkup jenjang pendidikan sekolah dasar untuk melestarikan dan menanamkan nilai kontekstual di dalam kehidupan peserta didik. Tujuan: untuk memaparkan keterkaitan antara konsep habitus dalam praktik pembelajaran muatan lokal di sekolah melalui pendekatan VARK (visual, auditory, reading-writing, and kinesthetic). Metode penelitian: studi literatur dengan mengumpulkan sumber-sumber yang relevan melalui jurnal hasil penelitian pada rentang tahun 2020-2025 dan beberapa sumber lain seperti buku, foto, dokumentasi pendukung lainnya. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menelaah sumber-sumber dari database akademik dan perpustakaan, penilaian kritis terhadap kualitas dan relevansi sumber, serta sintesis informasi untuk mengidentifikasi pola dan tema. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif deskriptif dengan menguraikan data, menganalisis dan membahas data, serta mengkaji kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian: praktik pembelajaran muatan lokal di SD dapat dilakukan dengan menerapkan konsep dasar habitus dalam pendidikan yaitu mendukung reproduksi struktur sosial yang ada dan diinternalisasi dalam individu sebagai hasil dari pengalaman sosial dan membentuk cara individu berpikir, merasa, dan bertindak. Pendekatan VARK tercermin dari cara peserta didik merespons aturan sekolah, norma yang ada, dan cara berinteraksi pada proses pembelajaran muatan lokal. Kesimpulan dari penulisan artikel ini bahwa pendekatan VARK dalam pembelajaran yang diintegrasikan dengan konsep habitus dan kearifan lokal pada pembelajaran muatan lokal menjadi salah satu alternatif dalam konsep berpikir dan praktik bagi peserta didik di SD yang mencakup gaya belajar, kreativitas, strategi, membaca situasi, pola pengasuhan dan pembinaan, serta pemanfaatan media, model, dan alat pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Adela, D., & Al- Akmam, M. (2024). Upaya Pelestarian Budaya Sunda di Sekolah Dasar . Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 191–198. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.153

Agus, M., Fuqohak, Z., & Kudus, I. (2024). Habitus dan Arena Intelektual Rasyid Ridha. Al Itqan: Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(1), 1–19.

Agus Salim, & Wedra Aprison. (2024). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 22–30. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.213

Anindhita, B. K., & Fatimah, N. (2025). Habituasi Nilai Karakter Per Ardua Ad Astra dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Institut Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 10–22. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2853

Ariska, Nursyamsi, & Munawir, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visual Audio Ride Kinesthetic dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Kelas I Sekolah Dasar Negeri 31 Sampeang. Al Birru: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Dasar, 1(1).

Dinata, S. A., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2025). Problematika Pembelajaran Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 11(April), 357–368.

Dinata, V. M., Wedi, A., & Fajarianto, O. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptif dengan Implementasi Learning Analytics Berdasarkan Gaya Belajar VARK. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 177–186. https://jurnaldidaktika.org

Dzulkalnine, N., Sumardi, N. A., Azman, M. N. A., Ibrahim, I., Qudus, N., & Bakar, S. M. S. A. (2024). The Preferences of Student’s Learning Method Based on Course, Gender and Age: Visual, Audio, Reading & Kinesthetic (VARK). Information Management and Business Review, 16(2), 4–6.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Fatima, K., Hartono, Nurhayati, & Iqbal, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Metode Visual, Auditory, Reading/Write And Khinesthetic (VARK) di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 417–430. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/229

Habibi, N., & Sholikha, M. (2025). Kontekstualisasi Teori Bourdieu dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 261–273. https://doi.org/10.58577/dimar.v6i2.397

Hasan, T. D., Ulia, N., Islam, U., & Agung, S. (2024). Model Pembelajaran Visual , Auditory , Read-Write , and Kinesthetic ( Vark ) Berbantuan Aplikasi Educaplay Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ), 2(1), 732–738.

Hasyim, W. (2025). Habitus dan Kebahagiaan dalam Pendidikan Alternatif : Studi Naratif tentang Proses Habituasi di Sanggar Anak Alam ( SALAM ) Yogyakarta Pendahuluan Kebahagiaan peserta didik merupakan aspek fundamental dalam pembangunan sistem. IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 4(1), 1–9.

Herawati, A. (2023). Perubahan Sosial Masyarakat Di Masa New Normal (Analisis Menggunakan Perspektif Sosiologi Talcott Parsons). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 286–292. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4439

Herlita, A. (2025). JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan The Effect Of Vark ( Visual Auditory Read/Write Kinesthetic ) Strategy Toward Students ’ Reading Compreh ension ( A Quasi Experimental at Second Grade Students ’ of SMAN 3 Kota Bengkulu ) Ana Herlita English Study Pr. JKIP Jurnal Kajian Ilmu PendidikanJurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 47–62.

Hidayat, R., Fitri, R. A., & Hermina, D. (2025). Langkah Penelitian Manajemen Pendidikan: Penemuan Masalah, Telaah Pustaka, Persiapan Penelitian, Pengumpulan Data, Analisis Data Dan Penyimpulan/Pemaknaan, Dan Pelaporan & Evaluasi Penelitian. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 509–523.

Jamila, R., Sabri, I., & Surabaya, N. (2025). Habitus As A Social Framework In Daul Music : Bourdieu ’ S Perspective Habitus Sebagai Kerangka Sosial Dalam Musik Daul : Asintya: Jurnal Penelitian Seni Budaya, 17(1), 14–29.

Kariimah, S. A., Susilo, H., Hastuti, U. S., Balqis, B., & Nurhawa, W. O. (2022). The effect of problem-based learning using VARK approach on biology students’ creative thinking skills. Bio-Inoved. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 187. https://doi.org/10.20527/bino.v4i2.13138

Kiswanto, A., Rahmawati, E. M., Ardiansyah, Octora, K. L., Ruswanda, S. B., & Wulan, S. W. N. (2024). Pemetaan Gaya Belajar Mahasiswa Berdasarkan Model VARK. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).

Kurniawan, A., Yanti, H., & Abdurrahman, A. (2023). Menajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Negeri 16 Meulaboh-Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1927–1935. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1424

Liska, L. De, Parwati, N. P. Y., & Sadwika, I. N. (2020). Kearifan Lokal sebagai Landasan Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Forum Publikasi Ilmiah Indonesia, 87–95.

Miskiyyah, S., & Puspita, P. (2025). Integrasi Pembelajaran Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah: Analisis Literatur Tentang Model dan Implementasinya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 618–632.

Mohulaingo, R., Pomalingo, S., Halidu, S., & Cuga, C. (2025). Mengurai Kekerasan Simbolik Dibalik Seragam Sekolah di Sekolah Dasar: (Pandangan Pierre Bourdieu tentang Habitus dalam Pendidikan). Jurnal Riset Ilmiah, 1(01), 15–18.

Rizki, N.J., Qomariyah, S., Natadireja, U., Babullah. R., & Erviana, R. (2024). Implementasi Model Vark Dalam Penguasaan Kelas Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Risoma: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 71–84. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i1.48

Nugraha, A. R., & Deta, U. A. (2023). Profil Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Program Unggulan Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Studi Observasional. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 51–55. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p51-55

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051

Nurdian, N., Rozana Ulfah, K., & Nugerahani Ilise, R. (2021). Pendidikan Muatan Lokal Sebagai Penanaman Karakter Cinta Tanah Air. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 344. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36414

Nurhidayah. (2021a). Peqguruang: Conference Series. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2).

Nurhidayah, N. (2021b). Implementasi Gaya Belajar Vark Dengan Media Pembelajaran Berbasis Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), 484. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2710

Nurmanita, M. (2021). Perwujudan nilnai budaya dalam tradisi bedendang melalui aplikasi tiktok sebagai bentuk kearifan lokal bengkulu selatan. Pendidikan Sisoal Dan Budaya, 3(2), 55–65. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2104/915

Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879

Rismawati, L., & Al-Pansori, M. J. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. KASTA Jurnal Ilmu Sosial Agama Budaya Dan Terapan, 5(1), 43. https://doi.org/10.58218/kasta.v5i1.1335

Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik. Forum Ilmiah, 19(2).

Rummar, M. (2022). Kearfian Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Syntax Tranformation, 3(12).

Sahrudin. (2024). Mitos Kesempatan Setara Dan Reproduksi Ketimpangan Sosial (Potret Konkret Ketidakadilan Sosial dalam Pendidikan bagi Anak- anak Petani Tambak di Wilayah Pinggiran Indramayu). Wulang: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01(1), 16–23.

Salamet, S., Asmoni, A., Jamilah, J., Mulyadi, M., Matroni, M., Sukitman, T., & Yazid, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Berbasis Keuggulan Budaya Khas Sapeken Di Kabupaten Sumenep. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 2(1), 96–112. http://bappeda.sumenepkab.go.id/jurnal/index.php/karaton/article/view/39

Saputra, K. D. (2024). Epistemologi Muatan Lokal: Objektifikasi Kebudayaan sebagai Konten Kurikulum Nasional Indonesia. Jurnal Civic Hukum, 9(November), 113–124.

Septiana, A., & Fauzi, A. M. (2022). Habitus Toleransi Pendidikan Buddha. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 7(2), 163–171.

Shiddiq, M. A. A., Sabrina, L., Al Farizi, M. G., Nurmaulidya, J. H., Xielfa, B. M., & Haikal, M. D. (2023). Habitus Siswa Difabel Dalam Proses Pembelajaran Di Slb C-C1 Yakut Purwokerto. Ekalaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 2(3), 710–721. https://doi.org/10.57254/eka.v2i3.114

Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa dan Konten Tematik dalam Penelitian Kualitatif. Forum Ilmiah, 19(1).

Sumarni, M. L. (2023). Peran Kearfian Lokal pada Pembelajaran Mulok di Sekolah Dasar. Sebatik, 27(1), 327–332. https://doi.org/https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2014

Utomo, J., Jusniati, Hafid, A., Syam, A. Z. M., & Adys, H. P. (2025). Digital Habitus and The Transformation of Social Interaction: A Case Study of Smartphone Use among Students at MAN 2 Model Mataram. 12 Waiheru, 11(1), 55–65. https://doi.org/10.70872/12waiheru.v11i1.355

Wahyudi, W., Misbah, M., Nurhayati, N., Ngandoh, S. T., & Yustiana, Y. R. (2022). Peluang Muatan Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Dalam Perspektif Ruu Sisdiknas. Vidya Karya, 37(1), 33. https://doi.org/10.20527/jvk.v37i1.13175

Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Integrasi Habitus pada Pembelajaran Muatan Lokal Berbasis Vark Di Sekolah Dasar. (2025). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 61-74. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/796