Kolaborasi IG dan WA Status sebagai Media Promosi Digital UMKM Roti: Studi Kasus Wijaya Bakery

Penulis

Kata Kunci:

Instagram;, Perangkat Lunak;, Promosi Digital, UMKM, WhatsApp

Abstrak

Wijaya Bakery merupakan salah satu UMKM di daerah Probolinggo yang bergerak pada jual beli roti rumahan. Wijaya Bakery didirikan sejak tahun 2023 oleh Ibu Inge Dien Safitri. Adapun ragam produk dari Wijaya Bakery antara lain Bolu Gulung, Pizza Mini, Roti Blunder, Roti Kasur, Kue Tar, Roti Pisang Coklat, dan lain-lain. Latar Belakang: Pembeli Wijaya Bakery hanya berada di daerah sekitar bucor kulon Probolinggo. Wijaya Bakery juga belum memanfaatakan Instagram (IG) dan WhatsApp (WA) terutama WA Status secara maksimal sebagai sarana promosi produk. Untuk IG Wijaya Bakery hanya memiliki 5 foto produk saja sedangkan WA Status hanya memberikan informasi saat mendapatkan pesanan saja, tidak pada bentuk yang lainnya. Tujuan: membantu pemilik Wijaya Bakery untuk meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan teknologi Instagram dan WhatsApp Status sebagai media promosi digital Roti Wijaya Bakery. Metode: melakukan kolaborasi instagram dan WhatsApp Status untuk membantu proses promosi produk roti Wijaya Bakery melalui empat kegiatan utama, yaitu analisis kebutuhan pengguna, pemilihan media sosial, memberikan pelatihan pemasaran digital, dan evaluasi pemasaran digital. Wijaya Bakery melakukan update startus di IG dan WA Status minimal 2 hari sekali  Hasil: Jumlah pengikut pada IG meningkat menjadi 87 pengikut dan memiliki 58 postingan produk. Pemesanan Produk Roti Wijaya Bakery meningkat menjadi 87% dari sebelumnya. Kesimpulan: dari kegiatan ini telah membantu Wijaya Bakery meningkatkan promosi produk dan penjualan roti serta dikenal diluar daerah Bucor Kulon, Pakuniran, Probolinggo.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdillah, R., Adkha, I., Agustin, D. P., & Alam, N. (2025). Sosialisasi Penerapan Algoritma Media Sosial Youtube untuk Menaikkan Jumlah Pengunjung. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 120–130.

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674–681.

Anshor, A. H., Maulana, D., Huda, M., & others. (2025). Pelatihan Pengelolaan Sdm Untuk Meningkatkan Kualitas Umkm Dalam Produktivitas Penjualan. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01).

Febriana, A. T. D., & Naryoso, A. (2025). Pengaruh Intensitas Menonton Video Akun Youtube Ria SW Terhadap Tingkat Loyalitas Konsumen UMKM Kuliner. Interaksi Online, 13(3).

Fitria, T. N., Azizah, F. N., Anggraini, L., Sabila, R. S., Al Muslim, M., Susilo, A., & Zailani, A. (2024). Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Produksi Rambak Suci Sragen. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2).

Hadi, D. P., Darmaputra, M. F., Drifanda, V., & Pratama, D. S. (2025). Strategi Optimalisasi Sertifikasi Halal Dan Kanal Youtube Untuk Meningkatkan Pendapatan Gerai Kopimi Semarang Barat (Studi Kasus UMKM Bidang Makanan). Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2693–2702.

Hapsari, Y. A., Apriyanti, P., Hermiyanto, A., & Rozi, F. (2024). Analisa peran umkm terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(4), 53–62.

Ismail, K., Rohmah, M., & Putri, D. A. P. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 208–217.

Jamiati, A., Yuli, A., Rijaldi, G., Dewi, N. S., & Ratnaningsih, Y. R. (2025). Persepsi Pelaku UMKM Terhadap Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial “WhatsApp.” Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 2101–2110.

Jati, P., Astuti, I., & Madiistriyatno, H. (2025). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk UMKM di Desa Jambenenggang, Kabupaten Sukabumi. Mandalika Journal of Community Services, 2(2), 193–197.

Marwanto, I. G. G. H., Rahmadi, A. N., & Yap, N. (2023). Evaluation of Micro, Small And Medium Enterprises (MSMES) Financing Policies For MSME Actors In Yogyakarta. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 2(5), 456–462.

Naim, M., & Husni, V. H. (2025). The Influence Of Social Media Facebook, Instagram and Whatsapp on Increasing Sales Of MSMES Drinks In Mataram City. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 8(2), 197–212.

Ningsih, R., & Sandriani, S. (2025). Analisis Determinan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. Journal of Economics Development Research, 1(1), 18–25.

Orlando, G. H., & Anwar, M. (2023). Peningkatan minat beli produk UMKM melalui media bazar. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 230–234.

Tatasari, T., Purnomo, S., & Dewa, A. K. (2025). Pemanfaatan Konten Digital Berbasis Video Pendek untuk Meningkatkan Engagement pada UMKM Makanan di Media Sosial. Social Sciences Journal, 3(2), 20–32.

Utami, M., Jufri, M. M., & Halim, N. (2025). Digital Marketing Strategy to Increase MSME Sales. Journal of Economic and Social Science, 2(1), 162–172.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Kolaborasi IG dan WA Status sebagai Media Promosi Digital UMKM Roti: Studi Kasus Wijaya Bakery. (2025). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 233-244. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/792