Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Model Prototype: Studi Kasus Supermarker As Sakinah Sukolilo

Penulis

Kata Kunci:

e-commerce; , prototype, sistem informasi penjualan, supermarket, website

Abstrak

Latar Belakang: Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pelaku bisnis untuk beradaptasi dengan strategi digital guna meningkatkan daya saing. Salah satu implementasi yang signifikan adalah penggunaan e-commerce berbasis web sebagai sarana untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan efisiensi transaksi. Supermarket As Sakinah sebagai salah satu pelaku usaha retail memerlukan sistem informasi penjualan berbasis web untuk menjawab kebutuhan pasar yang semakin dinamis. Tujuan: untuk merancang dan membangun aplikasi e-commerce berbasis web menggunakan model pengembangan prototype. Metode: Untuk menyelesaikan permasalahan Supermarket As Sakinah peneliti mengembangkan Aplikasi E-Commerce berbasiskan web dengan menggunakan model prototype. Hasil: pengukuran prototype menggunakan perhitungan System Usability Scale (SUS) memperoleh nilai sebesar 78,8%, yang  menunjukkan bahwa prototype Baik. Selain itu, hasil uji  kelayakan berdasarkan standar ISO 9126 untuk 3 Faktor, yaitu Functionality mendapatkan nilai 81.2% yang berarti Fungsi-Fungsi Aplikasi Berjalan dengan sangat baik, Faktor Usability mendapatkan nilai 80% yang berarti Aplikasi berguna bagi Supermarket As Sakinah , dan Faktor Efficiency mendapatkan nilai 84.7% yang berarti Aplikasi sangat Effisien dalam membantu Supermarket As Sakinah. Dari penilaian ketiga faktor Tersebut didapatkan Rata-rata nilai adalah Sebesar 81.97%. Kesimpulam: Sistem ini diharapkan dapat membantu Supermarket As Sakinah dalam mempromosikan produknya secara digital, memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam bertransaksi, serta mendukung efisiensi operasional perusahaan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

S. Kounev, K.-D. Lange, dan J. von Kistowski, Systems Benchmarking: For Scientists and Engineers. 2020. doi: 10.1007/978-3-030-41705-5.

M. I. Suherman, D. Maryani, I. Amir, dan R. Angraeni, “Sistem E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan Alat Elektronik Menggunakan Metode Extreme Programming,” j. of security, computer, inf., embedded, netw., and intelligence syst., hlm. 95–108, Agu 2024, doi: 10.61220/scientist.v2i2.20245.

Y. Anggraini, D. Pasha, dan A. Setiawan, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2.

C. Juditha, “DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT DESA (Studi Di Desa Melabun, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung),” j. penelit. komun. dan pembang., vol. 21, no. 2, hlm. 131, Des 2020, doi: 10.31346/jpikom.v21i2.2660.

A. K. Nugroho dan B. Wijayanto, “EVALUATION OF THE QUALITY OF ACADEMIC INFORMATION SYSTEM UNSOED USING ISO 9126 AND MEAN OPINION SCORE (MOS)”.

A. Rachman, Andreansyah, dan Rahmi, “Implementation of Incremental Models on Development of Web-Based Loan Cooperative Applications,” ijeste, vol. 3, no. 1, hlm. 26–34, Mei 2020, doi: 10.36079/lamintang.ijeste-0301.105.

NASIR, Md Farhan, et al. Introducing a new SDLC trigon model for software development. In: Proceedings of the International Conference on Sustainable Development in Technology for 4th Industrial Revolution 2021.

N. K. Triandika danChasbulloh, A., Syarifuddin, F., & Rachman, A. (2025). Implementasi Model Prototype pada Pengembangan Aplikasi Pencatatan Transaksi Penjualan Bakso dan Mie Ayam Pak Tukimin. Seminar Nasional Teknik Elektro,Sistem Informasi,dan Teknik Informatika. https://doi.org/10.31284/p.snestik.2025.7582

Hendra, D., Merati, A., Aprilliani, S., Afandi, M. F., & Nardiono, N. (2020). PERANCANGAN DAN PENERAPAN E-MARKETPLACE UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN DEPOK JAYA. DEDIKASI PKM, 1(1), 60. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6056

Rachman, A., Efendi, Y., Nugroho, H., Sulistyowati, S., Alala, P. S., & Rozi, N. F. (2023). Implementasi Model Incremental Pada Pengembangan Aplikasi Pengenalan Rempah-Rempah Berbasis Game. INTEGER: Journal of Information Technology, 8(1).

Rachman, A., Prayoga, H. T., & Sulistyowati, S. (2022). Pemanfaatan Model ISO 9126 Dalam Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Pengolahan E-Surat. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 2218–2226. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5251

Soetiyono, A., Kurnia, Y., & Kurnia, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Chatbot dan Asisten Virtual terhadap Peningkatkan Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. eCo-Buss, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1169

Suherman, M. I., Maryani, D., Amir, I., & Angraeni, R. (2024). Sistem E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan Alat Elektronik Menggunakan Metode Extreme Programming. Journal of Security, Computer, Information, Embedded, Network, and Intelligence System, 95–108. https://doi.org/10.61220/scientist.v2i2.20245

K. E. S. Putra, “PENGARUH MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARINA HAND AND BODY LOTION DI KECAMATAN BULELENG,” vol. 5, no. 2, 2023.

M. A. Kosim, S. R. Aji, dan M. Darwis, “PENGUJIAN USABILITY APLIKASI PEDULILINDUNGI DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” SISTEK, vol. 4, no. 2, Agu 2022, doi: 10.31326/sistek.v4i2.1326.

G. Melisa dan I. A. Sitanggang, “PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE INEED.ID,” vol. 14, no. 1, 2022.

M. Ragil dan E. I. Sari, “Tinjauan atas Sistem Informasi Penjualan pada Toko Online Shop PT Alfa Indah Makmur,” jabkes, vol. 2, no. 1, hlm. 121–128, Apr 2022, doi: 10.37641/jabkes.v2i1.1354.

D. T. Tembo, A. Akakandelwa, dan L. Phiri, “Usability Evaluation of University Library Portals in Zambia,” dalam Proceedings of the 4th African Human Computer Interaction Conference, East London South Africa: ACM, Nov 2023, hlm. 221–228. doi: 10.1145/3628096.3629083.

Permana, A. A., Agustriawan, D., Johan, M. E., Fianty, M. I., Sanjaya, S. A., Sutomo, R., Istiono, W., Pomalingo, S., Wiratama, J., Fernando, E., Faza, A., & Waworuntu, A. (2023). Memahami Software Development Life Cycle. EUREKA MEDIA AKSARA. ISBN 978-623-151-544-5.

D. Hendra, A. Merati, S. Aprilliani, M. F. Afandi, dan N. Nardiono, “PERANCANGAN DAN PENERAPAN E-MARKETPLACE UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN DEPOK JAYA,” dedik. PKM, vol. 1, no. 1, hlm. 60, Jul 2020.

ISMAIL, Nurul Iftitah Mutmainnah; ANDAYANI, Dyah Darma; RAHMAN, Edi Suhardi. Pengembangan Aplikasi Pembimbingan Akademik Berbasis Web pada Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNM. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 2022, 50-59.

Soetiyono, A., Kurnia, Y., & Kurnia, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Chatbot dan Asisten Virtual terhadap Peningkatkan Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. eCo-Buss, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1169

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Model Prototype: Studi Kasus Supermarker As Sakinah Sukolilo. (2025). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 29-38. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/783