Persepsi Dinas Koperindag Kabupaten Maros terhadap Model FOPNLs Digital pada Produk UMKM
Kata Kunci:
FOPNLs, Literasi Gizi, Mikronutrien, Maros, UMKMAbstrak
Latar Belakang: Label Nilai Gizi pada Bagian Depan Kemasan (Front-of-Pack Nutrition Labeling/FOPNLs) telah dikembangkan sejak tahun 1989 sebagai bagian dari strategi global dalam menekan angka penyakit tidak menular. Mekanisme ini bertujuan mempermudah konsumen dalam memahami informasi gizi, sehingga dapat mendorong masyarakat memilih produk pangan yang lebih sehat. Seiring perkembangan teknologi, penerapan FOPNLs dapat diintegrasikan dengan pendekatan digital, guna mendukung daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah. Kabupaten Maros sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan UMKM yang cukup pesat, dipilih sebagai lokasi penelitian guna melihat kesiapan penerapan model FOPNL berbasis digital. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi stakeholder pada Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Maros terhadap model FOPNL digital pada produk UMKM. Metode: Metode penelitian menggunakan Focus Group Discussion (FGD), Consultative Meeting, serta kuesioner singkat yang disebarkan kepada staf ahli Dinas Koperindag sebagai narasumber utama. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum partisipan mendukung penerapan model FOPNL berbasis digital pada UMKM. Namun demikian, mereka menekankan perlunya tahapan sosialisasi yang masif kepada UMKM dan masyarakat, terutama terkait pemahaman membaca label gizi. Hal ini dipandang penting agar saat model digital diterapkan, masyarakat tidak mengalami hambatan dalam membaca nilai angka kecukupan gizi. Kesimpulan: Implementasi FOPNL digital pada produk UMKM di Kabupaten Maros memiliki potensi besar dan penerapannya dapat diterima secara efektif dan mendukung peningkatan literasi gizi pada masyarakat.
Unduhan
Referensi
Andriani, W. O. S., Anshari, D., Fitirani, Y., Sopamena, Y., & Pontambing, Y. S. (2021). Adaptasi alat ukur literasi gizi untuk mahasiswa tahun pertama. Window of Health: Jurnal Kesehatan, 1–14.
Bottari, F., & Mark-Herbert, C. (2022). Development of uniform food information: The case of front-of-package nutrition labels in the EU. Archives of Public Health, 80(1), 175. Springer. https://doi.org/10.1186/s13690-022-00928-9
Donini, L. M., Penzavecchia, C., Muzzioli, L., Poggiogalle, E., Giusti, A. M., Lenzi, A., & Pinto, A. (2022). Efficacy of front-of-pack nutrition labels in improving health status. Nutrition, 102, 111770. Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.nut.2022.111770
Hapsari, Y. A., Apriyanti, P., Hermiyanto, A., & Rozi, F. (2024). Analisa peran UMKM terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 2(4), 53–62
Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) dalam pembangunan ekonomi nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.
Lestari, W. A., & Iswahyudi, I. (2024). Upaya pencegahan obesitas remaja melalui pendampingan dan edukasi label gizi serta penerapan kunci jajan sehat bergizi. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 177–184.
Raheem, D., Shishaev, M., & Dikovitsky, V. (2019). Food system digitalization as a means to promote food and nutrition security in the Barents region. Agriculture, 9(8), 168. MDPI. https://doi.org/10.3390/agriculture9080168
Ramadhan, M. F., Dianah, R., Rahma, S. F., Sari, A. V., Nurrizqyah, A., Salsabella, A. A., Defina, N. S., & Andiani, C. O. (2025). Edukasi label pangan pilihan lebih sehat untuk mewujudkan gizi seimbang di MAN 2 Kota Bogor. Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 63–77
Ronalwyn. (2023, 1 Februari). Tingkatkan kesejahteraan UMKM, Dinas Koperindag Maros gandeng sejumlah mitra. https://beritakotamakassar.com/2023/02/01/tingkatkan-kesejahteraan-umkm-dinas-koperindag-maros-gandeng-sejumlah-mitra/
Sampetoding, E. A. M., & Mahendrawathi, E. R. (2024). Digital transformation of smart village: A systematic literature review. Procedia Computer Science, 239, 1336–1343. Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.06.150
Sampetoding, E. A. M., Irmayanti, I., Juanti, P., & Pongtambing, Y. S. (2025). Design science research methodology in model digital front-of-pack nutrition label (FOPNLs) on MSME product at Maros district. Proceedings of the Eighth Information Systems International Conference (ISICO 2025) [In press].
Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor kesiapan dan adopsi teknologi informasi dalam konteks teknologi serta lingkungan pada UMKM di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 5(1), 49–56
Shanti, K. M. (2025). Efektivitas label gizi traffic light terhadap pemahaman, persepsi, dan sikap konsumen di Indonesia: Systematic literature review. Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas, 6(1), 31–42.
Scarborough, P., Rayner, M., & Stockley, L. (2007). Developing nutrient profile models: A systematic approach. Public Health Nutrition, 10(4), 330–336. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/S1368980007339497
Purba, A. A., Sibatuara, J., Sampetoding, E. A. M., Pongtambing, Y. S., Isabella, M., Wantira, A. D., & Sidabutar, E. D. C. (2024). Analysis of SMEs readiness in the implementation of Internet of Things to support the smart city concept. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 22(1). http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v22i1.34060
Pongtambing, Y. S., Pitrianti, S., Sadno, M., Admawati, H., & Sampetoding, E. A. M. (2023). Peran dan peluang kecerdasan buatan dalam proses bisnis UMKM. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 201–206.
Pongtambing, Y. S., Sampetoding, E. A. M., Irmayanti, I., Juanti, P., & Ristiana, E. (2025). Sosialisasi kandungan mikronutrien label gizi di produk kemasan pada pegawai Dinas UMKM dan Koperasi Kabupaten Maros. Paramacitra: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 300–305.
Prasanti, D. (2017). Potret media informasi kesehatan bagi masyarakat urban di era digital. Jurnal IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 19(2), 149–162.
Wardati, N. K., & Mahendrawathi, E. R. (2019). The impact of social media usage on the sales process in small and medium enterprises (SMEs): A systematic literature review. Procedia Computer Science, 161, 976–983. Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.203
