Pendampingan Pembuatan Konten Marketing Bagi UMKM di Kecamatan Simokerto Kota Surabaya

Penulis

  • Lestari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Kristiningsih universitas wijaya kusuma surabaya Koresponden Author
  • Gimanto Gunawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Retno Warih Dwi Utaminingsih Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

konten marketing, pemasaran digital, UMKM

Abstrak

Latar belakang: Pemasaran produk UMKM Kecamatan Simokerto Kota Surabaya saat ini dirasa masih belum optimal. Hal ini disebabkan masih banyak yang melakukan metode pemasaran secara tradisional, sebagian besar menggunakan media sosial berupa WA, IG Facebook saja. Keterbatasan pelaku UMKM dalam skill, pengetahuan dan wawasan dalam mengaplikasikan teknologi yang salah satunya adalah pembuatan konten marketing masih kurang. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bermaksud untuk melakukan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan konten marketing bagi pelaku UMKM agar mereka lebih optimal dalam penggunaan media sosial dalam kegiatan pemasaran produknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah penyuluhan dan pendampingan. Kegiatan ini terdiri atas: Paparan materi yang berkaitan dengan manajemen pemasaran secara digital dan media sosial sebagai media pemasaran,  Pembuatan konten marketing dalam sebuah aplikasi bagi pelaku usaha UMKM, dan Evaluasi kemampuan pelaku UMKM dalam membuat konten marketing. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM terhadap digital marketing dari 30% menjadi 70%, serta peningkatan keterampilan pembuatan konten produk dari 20% menjadi 80%..

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2023). Statistik daerah Kota Surabaya 2023. BPS Kota Surabaya.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital marketing (8th ed.). Pearson.

Fitriani, A., Wibowo, H., & Sari, D. (2022). Strategi digital marketing UMKM di era industri 4.0. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 24(2), 145–156.

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). Laporan perkembangan UMKM tahun 2023. https://www.kemenkopukm.go.id

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2023). Laporan literasi digital Indonesia 2023. https://www.kominfo.go.id

Prasetyo, Y., & Nugroho, A. (2021). Analisis hambatan digitalisasi UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 33–42.

Putri, R., & Santoso, B. (2021). Pendampingan digital marketing bagi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 112–118.

Wardhana, A. (2020). Strategi pembuatan konten media sosial untuk UMKM. Jurnal Pemasaran, 12(3), 201–210.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Lestari, Gunawan, G. ., & Warih Dwi Utaminingsih, R. . (2025). Pendampingan Pembuatan Konten Marketing Bagi UMKM di Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 342-350. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/732