Peningkatan Pemahaman Guru Tentang Kemampuan Berdialog Siswa Melalui Aplikasi Argumen Matematis
Kata Kunci:
aplikasi argumen matematis, Kemampuan Berdialog, Pemahaman GuruAbstrak
Latar belakang: Kemampuan berdialog matematis merupakan keterampilan penting bagi siswa, namun banyak guru masih mengalami kesulitan dalam memfasilitasi proses dialog tersebut secara sistematis. Tujuan: Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang kemampuan berdialog siswa melalui penggunaan aplikasi argumen matematis. Metode: Pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi, yang dilakukan melalui pretest dan posttest pemahaman guru serta observasi aktivitas pembelajaran di kelas. Hasil: Rata-rata skor pretest sebesar 38,8 meningkat menjadi 84,7 pada posttest, dengan N-gain rata-rata 0,75 pada kategori tinggi; sebanyak 36 guru memperoleh N-gain tinggi dan 24 guru memperoleh N-gain sedang, sementara hasil observasi aktivitas guru menunjukkan ketercapaian rata-rata 85% dengan kategori Baik. Kesimpulan: Kegiatan PkM ini efektif dalam meningkatkan pemahaman guru serta keterampilan mereka dalam melaksanakan pembelajaran berbasis argumen matematis
Unduhan
Referensi
Castro, W. F., & Toro, J. A. (2023). Mathematics teacher argumentation in a didactic perspective. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(9), em2322.
Cho, K.-L., & Jonassen, D. H. (2002). The effects of argumentation scaffolds on argumentation and problem solving. Educational Technology Research and Development, 50(3), 5–22. https://doi.org/10.1007/BF02505022
Hake, R. R., & Reece, J. (1999). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES*†.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi Kurikulum pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lehmann, T. H., & Friend, L. (2025). Mathematical Argumentative Writing in K–12 Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Science and Mathematics Education, 1-27.
Schwarzkopf, R. (2000). Argumentation processes in mathematics classrooms—Social regularities in argumentations processes. In Developments in Mathematics Education in Germany—Selected Papers from the Annual Conference on Didactics of Mathematics Potsdam (pp. 139–151).
Toulmin, S. (2003). The uses of argument. Cambridge University Press. https://doi.org/10.2307/2183556
Tristanti, L. ., Nusantara, T., & Maf’ulah, S. (2024). Development of Digital Tools to Improve Mathematical Argumentation Skills. Journal of Hunan University Natural Sciences, 51(10).
Tristanti, L. B., Hidayati, W. S., Nabilah, A., Rahmawanda, F., & Putri, N. W. (2024). Pelatihan Penerapan Perangkat Teknologi Argumen Matematis Dengan Model Infusion Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Management Pembelajaran Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 4715–4728.
Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2021a). Improving Students’ Mathematical Argumentation Skill through Infusion Learning Strategy. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012103
Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2021b). Improving Students’ Mathematical Argumentation Skill through Infusion Learning Strategy. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012103. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012103
Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2022). The Influence of Infusion Learning Strategy on Students’ Mathematical Argumentation Skill. International Journal of Instruction, 15(2), 277–292. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2022.15216a
Tristanti, L., & Nusantara, T. (2023). The Effectiveness of Infusion Learning Model in Linear Algebra Course. Education Research International, 2023(9004072), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2023/9004072
Vygotsky, L. S. (1986). Thought and Language (A. Kozulin, Trans). MIT Press.
Whitenack, J., & Yackel, E. (2002). Making Mathematical Argumens in the Primary Grades: The importance of Explaining and Justifying Ideas. Teaching Children Mathematics, 8(9), 524–527
