Strategi Peningkatan Kompetensi Mengajar: Memanfaatkan Sumber Daya dalam Program Kampus Mengajar

Penulis

  • Esi Hairani Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta Koresponden Author

Kata Kunci:

Kampus Mengajar, Kompetensi, Mengajar, Sumber Daya

Abstrak

Latar Belakang: Pendidikan adalah elemen vital dalam pembentukan karakter dan keterampilan individu yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di era modern. Dalam konteks ini, pengembangan kompetensi mengajar guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, diharapkan proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa saat ini. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi peningkatan kompetensi mengajar dengan memanfaatkan sumber daya dalam program kampus mengajar. Metode: Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam kepada 10 mahasiswa di Indonesia yang mengikuti program kampus mengajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis tematik. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan dari mentor dan rekan mahasiswa sangat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa selama program kampus mengajar. Selain itu, tantangan seperti keterbatasan waktu dan fasilitas di sekolah mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Kesimpulan: Dengan mengatasi tantangan waktu dan memanfaatkan metode pengajaran yang interaktif, mahasiswa dapat melakukan pendekatan yang lebih efektif dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdurrahman, U. I. N. K. H., & Pekalongan, W. (2024). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif di Lembaga Pendidikan Islam. 3(4), 1628–1637.

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 333. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA 4.0 : INTELEKTUALITAS GURU TERCIPTA, KUALITAS SEKOLAH TERJAGA. PROCEEDINGS OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION MANAGEMENT, 2(2), 167–186.

Fadilah, L. N., Istikomah, N., & Afriantoni. (2025). KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. 5(2), 496–508.

Hardiyanto, L., & Iriansyah, H. S. (2024). Landasan Filosofis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. 4(1), 733–741.

Joni, R., & Lubis, S. A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kualitas Hasil Belajar Siswa Pada Smp Imanuel Bandar Lampung. Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i1.1768

Nisak, S. K., & Rahmah, L. U. (2024). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(01), 15–21.

Oktavianatun, A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Perkembangan Pendidikan Berkualitas Sebagai Upaya Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( SDGs ). 1(12), 113–118.

Rahayu, M., Ramadhanti, A., Ruszayanthi, D., Azainil, & Komariyah, L. (2025). Peran Motivasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Capaian Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 259–273.

Sulistyowati, C., & Radiana, U. (2024). Peningkatan Mutu Pendidikan dengan Penerapan Kurikulum Merdeka untuk Mencapai Tujuan Suistanable Development Goal. 7(November), 12706–12712.

Surya, Y. F., & Pebriana, P. H. (2025). “ Transformasi Pembelajaran IPA di SD : Pemanfaatan Alat Peraga dan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa ". 5(3), 17–23.

Susanto, E., Putra, D., & Nisak, S. K. (2024). influence of parental attention and interest in learning on student social studies learning achievement in Elementary School. LEOTECH: Journal of Learning Education and Technology, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.70152/leotech.v1i1.4

Susidah Ernawati, Hardiyawansyah Hardiyawansyah, Mgs Hasrul Haris, Sani Safitri, & Syarifuddin Syarifuddin. (2025). Peran Pendidikan dan Lingkungan dalam Mempersiapkan Kemandirian Karir Remaja. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 321–328. https://doi.org/10.61132/semantik.v3i2.1722

Triarsuci, D., Al-qodri, H. T., Rayhan, S. A., & Marini, A. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Infrastruktur Sekolah Dasar : Tantangan dan Solusi. 3, 1–15.

WK, D. C., Warsah, I., Adisel, & Warlijasusi, J. (2025). Manajemen Pendidikan Terintegrasi untuk Mencapai Keberlanjutan dan Mutu Pendidikan Nasional. Dirasah, 8(1), 118–129.

Yin, R. K. (2003). Case Study Research: Design and Methods (3rd Ed.). Applied Social Research Methods Series (Vol. 5). Sage Publications.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Strategi Peningkatan Kompetensi Mengajar: Memanfaatkan Sumber Daya dalam Program Kampus Mengajar. (2025). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 3, 239-246. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/719