Pelatihan Penulisan Manuscript Pada Jurnal Ber-ISSN Bagi Guru Kelas di Sekolah Dasar

Penulis

  • Friendha Yuanta Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Reza Syema Bahtiar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Savitri Suryandari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Alan Surya Utami Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Enanda Meta Yustikarini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Guru SD, Jurnal ber-ISSN, Manuscript

Abstrak

Latar belakang: Penulisan manuscript dapat mendorong para guru untuk memperkaya wawasan dan memperdalam penguasaan bidang studi yang ditekuni dalam memantapkan spesialisasinya. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan tim pengabdi, ditemukan kurangnya keterampilan menulis manuscript oleh guru yang dapat mempersulit pengembangan pengetahuan, materi pembelajaran, dan bahan ajar yang dimilikinya. Prioritas penyelesaian permasalahan atau kebutuhan tersebut, maka dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Pelatihan Penulisan Manuscript Pada Jurnal Ber-ISSN Bagi Guru SD Negeri Jajar Tunggal 1 Surabaya. Tujuan: Melalui pelatihan ini para guru mampu menyusun manuscript sesuai dengan prosedur dan metoda ilmiah yang berdampak positif pada kemampuan membuat materi pembelajaran dan bahan ajar. Metode: pelaksanaan melibatkan ceramah, diskusi, demonstrasi, latihan, dan pendampingan Penulisan Manuscript Pada Jurnal Ber-ISSN. Hasil: pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dirasakan oleh tim pengabdian PGSD Universitas Wijaya Kusuma Surabaya maupun peserta pelatihan sangat memuaskan. Dengan indikator kedatangan peserta dalam pertemuan, dan mengikuti pelatihan dengan antusias. Kemampuan peserta dilihat dari penguasaan materi dapat dinilai baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan bapak/ibu guru dalam kegiatan praktik penulisan manuskrip, yang terdiri atas penulisan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, metode dan simpulan. Kesimpulan: Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di SDN Jajar Tunggal 1 Surabaya dirasakan oleh tim pengabdian masyarakat maupun peserta sangat memuaskan. Dengan indikator kehadiran peserta dan antusias peserta pelatihan cukup baik. Hasil dari pelatihan pembuatan manuskrip  ilmiah sudah cukup baik. Suasana belajar dan tutorial cukup bagus. Hampir semua peserta mengikuti dari awal sampai akhir.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Didiharyono, & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. Jurnal Pengabdian Masyarakat,2(1), 17.

Ekwandari, S. Y., Rachmedita, V., Triaristina, A. (2023). Pelatihan Penulisan Manuskrip Dalam Jurnal Nasional Bereputasi Bagi Guru-Guru SMA/SMK di kecamatan Bekri Lampung Tengah. Jurnal Indonesia Berdaya : Journal of Community Engagement, 5(1), 229-236

Kusjono, G., Suprianto, S., Syamruddin, S., Lubis, I., & Nasution, A. Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Jurnal Penelitian Pendidikan SMP Negeri 17 Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(1), 117-138.

Kuswandari, A. H., Slamet, S. Y., & Setiawan, B. (2018). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Konstruksi Peningkatan Keterampilan Menulis Esai. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1).

Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2)

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Pelatihan Penulisan Manuscript Pada Jurnal Ber-ISSN Bagi Guru Kelas di Sekolah Dasar. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 356-363. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/403