PkM Peningkatan Kemampuan Bermain Musik Melalui Metode Garap pada Siswa Panti Asuhan Arif Rahman Hakim

Penulis

  • jarmani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Desi Eka Pratiwi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Suprihatin Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Panji Agung Prayogi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Metode Garap, Musik, Pembelajaran

Abstrak

Latar belakang: Asrama panti asuhan arif rahman hakim berlokasi di Jl. Arif Rahman Hakim-Deles II/12 yang menaungi anak-anak yang kurang beruntung di wilayah surabaya dan sekitarnya. Banyak kegiatan yang sering dilakukan di panti asuhan misalnya (1) kegiatan bermain bersama anak panti Misalnya melalui game atau musik (2) Pengajian dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT (3) berbagi bingkisan kepada anak anak yatim baik berupa barang maupun uang tunai (4) Berbagi Ilmu melalui pemberian materi penting dengan penghuni panti asuhan. Diantara beberapa kegiatan yang sering dilakukan diatas, kegiatan musik merupakan salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh siswa di asrama panti asuhan arif rahman hakim dalam menyalurkan bakat dan kreativitas di bidang seni dan budaya. Tujuan: pengusul bekerjasama dengan asrama panti asuhan arif rahman hakim memberikan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa-siswi di bidang bermain musik garap. Metode: yang digunakan pada Program Pengabdian Masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: Pada tahap pertama pendampingan dan pengenalan tentang materi bermain musik garap; tahap kedua para siswa di asrama panti asuhan arif rahman hakim mempraktikkan bermain musik garap dengan didampingi tim pengusul. Tahap ketiga para siswa bekerjasama dan membentuk kelompok untuk melakukan pementasan bermain musik garap di depan tim pengusul dan para pengelolah panti asuhan Hasil: Melalui program pengabdian masyarakat ini pengusul ingin memberikan pengetahuan dan pendampingan terhadap anak-anak di asrama panti asuhan melalui pendampingan bermain musik melalui metode garap sehingga kemampuan dan daya imajinasi siswa inklusi dapat berkembang. Kesimpulan: Pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran musik di Panti Asuhan Arif Rahman Hakim berhasil dan berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Campbell, P. S., & Scott-Kassner, C. (2018). Music in Childhood: From Preschool through the Elementary Grades (4th ed.). Cengage Learning.

Green, L. (2008). Music, Informal Learning and the School: A New Classroom Pedagogy. Ashgate Publishing.

Hargreaves, D. J., Miell, D., & MacDonald, R. A. R. (Eds.). (2012). Musical Imaginations: Multidisciplinary Perspectives on Creativity, Performance, and Perception. Oxford University Press.

Swanwick, K. (1999). Teaching Music Musically. Routledge.

Hallam, S. (2010). The Power of Music: Its Impact on the Intellectual, Social and Personal Development of Children and Young People. International Journal of Music Education, 28(3), 269-289.

Welch, G. F., Howard, D. M., & Nix, J. (Eds.). (2020). The Oxford Handbook of Singing. Oxford University Press.

Lehmann, A. C., Sloboda, J. A., & Woody, R. H. (2007). Psychology for Musicians: Understanding and Acquiring the Skills. Oxford University Press.

Jarmani. (2020). Memahami Seni Gamelan. UWKSPress

Jarmani. (2020). Model Pembelajaran E-Gamelan J.A.R.M.A.N.I. UWKSPress

Small, C. (1998). Musicking: The Meanings of Performing and Listening. Wesleyan University Press.

Blacking, J. (1973). How Musical Is Man? University of Washington Press.

Elliott, D. J. (1995). Music Matters: A New Philosophy of Music Education. Oxford University Press.

Neill, S. A. (2011). Becoming a Musician: A Longitudinal Study of Musical Identity. Music Education Research, 13(3), 345-356.

Sloboda, J. A. (2005). Exploring the Musical Mind: Cognition, Emotion, Ability, Function. Oxford University Press.

Jorgensen, E. R. (2003). Transforming Music Education. Indiana University Press.

Dalcroze, É. (1985). Rhythm, Music, and Education. The Dalcroze Society Inc.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

PkM Peningkatan Kemampuan Bermain Musik Melalui Metode Garap pada Siswa Panti Asuhan Arif Rahman Hakim. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 304-310. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/401