Evaluasi Buku Teks Tematik Kelas VI: Representasi Nilai Multikultural dalam Pembelajaran

Penulis

  • Diah Yovita Suryarini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Amiruddin Hadi Wibowo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Evaluasi Buku teks, Nilai Multikultural, Tematik, Sekolah Dasar.

Abstrak

Latar Belakang: Buku teks memegang peranan penting dalam pendidikan dasar, berfungsi sebagai media utama untuk mengajarkan berbagai konsep termasuk nilai-nilai multikultural. Buku Sekolah Dasar Kelas VI Tema 2 "Persatuan Dalam Perbedaan" dirancang untuk mengenalkan siswa pada konsep persatuan di tengah keberagaman. Mengingat kompleksitas keberagaman budaya dan etnis di Indonesia, evaluasi terhadap buku ini penting untuk memastikan bahwa buku tersebut secara efektif menyampaikan nilai-nilai multikultural. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana Buku Sekolah Dasar Kelas VI Tema 2 "Persatuan Dalam Perbedaan" merepresentasikan nilai-nilai multikultural. Penelitian ini juga bertujuan untuk menilai integrasi nilai-nilai tersebut dalam materi pembelajaran dan bagaimana buku ini mencerminkan keberagaman budaya serta kekayaan alam negara-negara ASEAN. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan pustaka. Data dikumpulkan melalui teknik membaca dan pencatatan dari buku teks. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif yang mencakup empat tahap: pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik sampling diterapkan untuk memastikan data yang relevan dan fokus pada aspek pendidikan multikultural. Hasil: Evaluasi menunjukkan bahwa buku ini secara efektif mengintegrasikan nilai-nilai multikultural, mencakup berbagai aspek budaya dan kekayaan alam dari negara-negara ASEAN. Buku ini berhasil menyampaikan pesan persatuan di tengah perbedaan dengan baik. Kesimpulan: Buku Sekolah Dasar Kelas VI Tema 2 "Persatuan Dalam Perbedaan" berhasil merepresentasikan nilai-nilai multikultural secara komprehensif. Buku ini sesuai dengan tujuan kurikulum dan efektif dalam mengajarkan konsep persatuan serta keberagaman kepada siswa, meskipun masih ada potensi untuk penambahan konten yang lebih mendalam.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Azizah, A. R. N., & Andriyanti, E. (2023). Multicultural Values Represented in English Textbooks for Indonesian Learners: A Social Semiotic Analysis. Dinamika Ilmu Journal of Education, 23(1), 53–73. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/6023

Dejene, W. (2017). Assessing Ethiopian Primary School Second Cycle Social Studies Textbooks for Adequate Reflections of Multiculturalism. Journal of Education and Practice, 8(10), 117–126.

Habibah, R., Hidayat, D. N., Husna, N., & Alek. (2024). Multicultural Values Representation in the English Textbook “English in Mind” for Junior High School. Ideas Jurnal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 12(1), 487–502. https://doi.org/10.24256/ideas.

Indrapangastuti, D. (2014).

Praktek Dan Problematik Pendidikan Multikultural Di Smk. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614

Irawati, R. P., & Elmubarok, Z. (2014). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa Sd Melalui Sastra Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 81–96. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2179

Jannah, L. M. (2013). Buku Teks Pelajaran: Implementasi Kebijakan dan Masalah yang Dihadapinya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook 3rd Edition (Issue 112).

Muklim, M. (2015). Bahasa Indonesia dalam Buku Ajar. Jurnal Pendidikan, Pnegajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1).

Mursida, I. (2017). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Edu-Kata, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.52166/kata.v4i2.1011

Muslim. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Siswa Smp. Riksa Bahasa, 2(1), 55–66.

Nafi’ah, A. L., & Mashuda, H. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks di Sekolah Dasar Kelas Atas. Estetik: Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 65–86.

Nur, F. (2019). Evaluasi Isi/Materi Buku Teks Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017 Fauziah. Ranah Research (Journal Of Multidicsiplinary Research and Development), 1(2), 295–308.

Pratama, S. Y., Nurkamto, J., & Wijayanto, A. (2021). The Representation of Multicultural Values in National Mandatory English Textbooks Used in Indonesian Secondary Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(1), 472. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i1.2337

Purnamasari, N. I., Mahmud, M., & Sahril. (2024). An Analysis Of Multicultural Education Values In English Textbooks Of Merdeka Curriculumat Junior High School Level. Jurnal Lingue : Bahasa, Budaya Dan Sastra, 6(1), 13–25.

Roza, A. S., Harya, T. D., & Algiovan, N. (2021). The Inside of English Textbooks in a City of Education: A Cultural Content Analysis. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(3), 176. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i3.2412

Suryarini, D. Y. (2019). Evaluasi Buku Teks Bahasa Inggris “Stairway: A Fun and Easy English Book” Grade VI Elementary School. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 33. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.811

Sutopo, H. . (2002). Pengantar Penelitian Kualitatif.

Widasmara, S. (2012). Aspek Multikultural Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Siswa Smp. In Thesis.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Evaluasi Buku Teks Tematik Kelas VI: Representasi Nilai Multikultural dalam Pembelajaran. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 437-447. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/397