Optimalisasi Peran Gerakan PKK dalam Mencegah Pelecehan Seksual terhadap Anak Melalui Program Gotong Royong dan Pendidikan

Penulis

  • Ardhiwinda Kusumaputra Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Endang Retnowati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Agam Sulaksono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Optimalisasi, Gerakan PKK , Pelecehan Seksual, Program Gotong Royong dan Pendidikan

Abstrak

Latar belakang: Lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pada dasarnya mempunyai peran krusial terhadap pembangunan masyarakat, baik dalam lingkup misalnya pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi. Namun, keberadaan PKK yang sampai pada tingkat lokal (kelurahan), ternyata masih belum sepenuhnya optimal. Apalagi jika dihadapkan dengan isu sosial dan hukum, salah satunya adalah pelecehan seksual terhadap anak. Salah satu wilayah yang menjadi sorotan atas permasalahan tersebut adalah di Kelurahan Kalianyar. Adapun yang menjadi sorotan pokok permasalahannya adalah apakah yang menjadi kendala bagi PKK dalam upaya pencegahan pelecehan seksual terhadap anak? Bagaimana optimalisasi peran PKK dalam mencegah kekerasan seksual terhadap anak? Tujuan: Tujuannya adalah memberikan alternatif solusi atas pokok permasalahan sekaligus meningkatkan kompetensi PKK dengan tetap berdasar pada aspek hukum. Metode: Dilakukan kegiatan sosialisasi yang dimaksudkan untuk dapat menemukan jawaban dari pokok persoalan, sekaligus dapat memberikan alternative penyelesaian dan peningkatan wawasan masyarakat, khususnya di lingkungan Kelurahan Kalianyar Kecamatan Bangil. Hasil: Adapun yang menjadi temuan bahwa terdapat kendala diantaranya masih banyak masyarakat yang belum memahami secara tepat peran dari PKK. Masyarakat masih beranggapan jika PKK adalah wadah perkumpulan saja, tanpa punya peran yang krusial. Masih belum meratanya PKK pada setiap warga, yang dibuktikan dengan masih ada warga yang tidak terlibat dalam kegiatan PKK. Atas dasar itulah, maka bentuk optimalisasinya dilakukan dengan menguatkan program gotong royong dan pendidikan. Dalam hal ini perlu ada peran dari Kepala Kelurahan Kalianyar untuk lebih aktif mengajak masyarakatnya. Kesimpulan: Perlunya untuk memberikan wawasan kepada masyarakat (umum), khususnya anggota PKK untuk aktif dan peka terhadap tindakan / pontensi aktifitas yang mengarah pada pelecahan seksual terhadap anak di lingkungan terdekat yaitu keluarga dan tetangga.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Elanda, Y., Suharnanik, & Putri, R. Y. (2023). Optimalisasi Peran Kader PKK Dalam Penguatan Ketahanan Keluarga Dan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Desa Petikan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Kabupaten Gresik. 2(1).

Haryana, D., Djaja, M., & Maznah, N. (2017). Seri Pendidikan Orang Tua : Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 40.

Jannah, D., Erinaldi, Rahmadani, A., & Yusmaini, E. (2024). Peran PKK Kelurahan Rimba Sekampung Dalam Menanggulangi Tindakan Kekerasan Seksual dan Perundungan. Jurnal PESAT Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Jovani, A. (2016). Belajar Dari Desa: Pkk Sebagai Organisasi Gerakan Perempuan. Aristo, 4(1), 146. https://doi.org/10.24269/aristo.iv/1.2016.10

Neherta, M. (2017). Modul Intervensi Pencegahan Kekerasan Seksual terhadap Anak. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, 1(1), 1–63.

Pane, N. (Ed.). (2015). Mohammad Hatta, Politik, Kebangsaan dan Ekonomi (1926-1977). Kompas.

Pitriyanti, P. (2016). Transformasi Digital Dalam Pembangunan Berkelanjutan Bagi Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia. 1–32.

Rantung, J. F., Mandey, J., & Londa, V. Y. (2014). Peranan PKK dalam Menggerakkan Partisipasi Masyarakat Desa. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 4(5), 1–11.

Wijayanto, R., Dewi, S. A. K., & Iswahyudi, G. (2022). Pemerintahan Desa dalam Karakteristik Otonomi Desa di Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 4(2), 365–374.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Optimalisasi Peran Gerakan PKK dalam Mencegah Pelecehan Seksual terhadap Anak Melalui Program Gotong Royong dan Pendidikan. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 196-202. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/385