Pelatihan Scratch Coding untuk Media Pembelajaran bagi Guru di Kota Malang

Penulis

  • Maslihah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Emmy Wahyuningtyas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Nonot Wisnu Karyanto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Wisnu Yudo Untoro Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Siska farizah mauludiah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

media pembelajaran, pendidikan , scratch, teknologi informasi

Abstrak

Latar belakang: Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran menjadi semakin penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan Scratch Coding sebagai media pembelajaran bagi guru-guru di Kota Malang. Pelatihan ini dilaksanakan di SMK PGRI 3 Malang dan diikuti oleh guru- guru dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga SMA/SMK. Metode: Metode yang digunakan adalah project-based learning, dimana peserta dapat langsung menerapkan materi yang diajarkan dengan membuat proyek kecil menggunakan platform Scratch. Hasil: Hasil dari pelatihan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta, yang berhasil menyelesaikan proyek dalam waktu yang ditentukan dan menunjukkan keinginan untuk mengikuti pelatihan lanjutan. Kesimpulan: Dengan meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia, diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

C. C. Ningrum. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Kaliputih.” Ind. High. Educ 3(1):1689–99.http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/ 3845A.

M. A. Yakin. 2021. “Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X.” J. Penelit. dan Pendidik . IPS 15(2): 108–14.

N. Hazmi and A. Kurnia. 2022. “Hubungan Media Pembelajaran Dan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.” KagangaJurnal Pendidik. Sej. dan Ris. Sos. Hum 5(2): 159–78. 10.31539/kaganga.v5i2.4035.

R. N. Jayanti, Muhammad Darwis. 1980. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.” J. Japanese Soc. Pediatr. Surg 16(4): 704. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id%0A=9987%0A.

R. Sylvia. 2019. “Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Di Sdn 1 Jepun Kabupaten Tulungagung Oni.” J. Pena Sd 5: 31–35.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Pelatihan Scratch Coding untuk Media Pembelajaran bagi Guru di Kota Malang. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 330-338. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/367