Manajemen Pemeliharaan serta Pelayanan Kesehatan pada Domba dan Kambing Desa Ngronggo Kecamatan Kota Kediri

Penulis

  • Yhogga Pratama Dhinata universitas wijaya kusuma Koresponden Author
  • Miarsono Sigit Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Junianto Wika Adi Pratama Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Domba, Kambing, Kesehatan ternak, Reproduksi hewan, Menejemen ternak

Abstrak

Latar belakang: Kelompok Ternak Sumber Rejeki yang berada di Desa Ngronggo Kecamatan Kota Kediri merupakan kelompok ternak baru beberapa tahun berdiri. Kondisi terbentuknya kelompok ternak ini adalah akan kesadaran masyarakat serta arahan dari Dinas Peternakan setempat untuk melakukan mobilisasi penghimpunan kemudahan pengarahan dalam memberikan bantuan baik secara fisik maupun non fisik. Namun karena fasilitas kelompok serta pengetahuan akan manajemen beternak yang minim menyebabkan kurang berkembang secara signifikan jumlah peternakan domba dan kambing daerah tersebut, sering terjadi para peternak rakyat melakukan budidaya tapi tanpa mendapatkan hasil yang berarti meskipun potensi yang ada sangat cukup besar. Tujuan: Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah keilmuan kepada masyarakat agar supaya dapat menjadi bekal dalam budidaya ternak secara baik dan benar serta menjadi kebaikan secara meteriil kepada kelompok ternak masyarakat. Metode: Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menitik beratkan akan sistem manajemen pemeliharaan serta pengetahuan akan manajemen reproduksi dasar pada ternak domba dan kambing. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian ini masyarakat menjadi tahu bagaimana akan budidaya yang baik serta menejemen tentang reproduksi ternak domba & kambing guna mendapatkan keuntungan secara materiil. Kesimpulan: Kesimpulan dari kegiatan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat banyak kepada masyarakat dan serta harus dilakukan secara berkala di tengah masyarakat yang secara background jauh dari lingkungan peternakan, termasuk kegiatan berupa bimtek bagaimana memanfaatkan hijauan di tengah musim kemarau guna memastikan kualitas kebutuhan pakan ternak tetap terjaga.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ghozali, R. (2016). Analisa Usaha Peternakan Kambing Peranakan Etawa (PE) (Studi Kasus di Kelompok Ternak Berkah Etawa). AVES: Jurnal Ilmu Peternakan, 10(1), 1–4. 4.

Maesya, A., & Rusdiana, S. (2018). Prospek Pengembangan Usaha Ternak Kambing dan Memacu Peningkatan Ekonomi Peternak. Agriekonomika, 7(2), 135–148. 5.

Soetriono, S., Hapsari, T. D., & Muhlis, A. (2020). Pemodelan usaha ternak Kambing Senduro menuju penguatan kelembagaan korporasi di Kabupaten Lumajang. Livestock and Animal Research, 18(3), 229–239. 6.

Novianti, D., Johar, A., & Primiani, E. 2021. Keberlangsungan Sumber Daya Genetik Domba Lokal Berdasarkan Tekanan Inbreeding di Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu Sukabumi. Jurnal Sumber Daya Hewan. Vol. 2(1): 15-21.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Manajemen Pemeliharaan serta Pelayanan Kesehatan pada Domba dan Kambing Desa Ngronggo Kecamatan Kota Kediri. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 381-387. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/357