Pelatihan Smart Edukasi Bagi Guru TK Az-Zahro Untuk Meningkatkan Variasi  Modul Pembelajaran

Penulis

  • Tjatursari Widiartin Program Studi Informatika Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Endang Noerhartati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Siti Azizah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Az-zahro, Guru, Modul, Taman Kanak, Smart Edukasi

Abstrak

Latar Belakang: Proses pembelajaran di era digital saat ini membutuhkan bantuan teknologi agar dapat meningkatkan pemahaman Siswa. Tujuan: Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan di Taman Kanak Az-zahro di desa Menganti Gresik akan dilakukan kegiatan pelatihan smart edukasi kepada Guru. Metode: Pelatihan smart edukasi adalah sebuah kegiatan yang memberikan pembekalan kepada Guru di Taman Kanak Az-zahro agar dapat membuat modul pembelajaran dimana menerapkan konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, efisien, dan menarik. Hasil: Dalam smart edukasi, teknologi diintegrasikan ke dalam seluruh aspek pembelajaran, mulai dari metode pengajaran, materi pembelajaran, hingga evaluasi. Kesimpulan: berdasarkan pelatihan smart edukasi diketahui bahwa Guru Taman Kanak Az-zahro mampu menghasilkan dan mengembangkan modul pembelajaran yang variatif dengan memanfaatkan literasi digital.  Modul pembelajaran selanjutnya dapat diterapkan pada Siswa taman kanak Az-zahro dimana Guru tersebut mengajar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ani Cahyadi. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar (Teori Dan Prosedur) (Pertama). Laksta.

Azizah, S., Huda, M., Widiartin, T., & Maslihah, M. (2020). The design a scenario of multimedia learning model based on synchronization between English lesson and ablution lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 012047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012047

Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di SD/MI. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283

Gunawan, H. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara. Jurnal Literasi, 4(1), 41–52.

Hasnida, S. S., Adrian, R., & Siagian, N. A. (2024). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(2), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488

Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Armada, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i1.393

Muhammad Anwar HM. (2018). Inovasi Sistem Pendidikan. eJournal UIN Alaudin Makasar, 7(2), 161–170.

Muhammad Hasan, Milawati, & DKK. (2021). Media Pembelajaran (Pertama). Tahta Media Grup.

Namiri, Z., & Patimah, S. (2023). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Smp It Ar Raihan Bandar Lampung. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 465–474. https://doi.org/Doi: http://dx.doi.org/10.24127/att.v6521a2366

Nuryana, A., Hernawan, A., & Hambali, A. (2021). Perbedaan Pendekatan Kontekstual Dengan Pendekatan Tradisional Dan Penerapannya Di Kelas (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI). Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 39–49. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.10544

Siti Azizah & Tjatursari Widiartin. (2019). Role and effect of a character on scenario of multimedia learning. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3487238

Sumakul, H. I., Tendean, S. V., & Lonto, A. L. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Tumoutou Social Science Journal, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.61476/xy1xwh12

Syafaruddin, Asrul, & Mesiono. (2012). Inovasi Pendidikan (Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan). Perdana Publishing.

Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi Saat Ini. Journal on Education, 07(01), 3507–3515. http://jonedu.org/index.php/joe

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tamrin, H., & Masykuri, A. (2024). Inovasi Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 1(1).

Utomo, S. B., Iriani, A., & Satyawati, S. T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8289

Widiartin, T., Azizah, S., & Karyanto, N. W. (2020). Determining cognitive and affective aspects of ablution lessons synchronized with English language learning using total physical response methods as multimedia learning parameters for Islamic kindergarten. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 012048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012048

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Pelatihan Smart Edukasi Bagi Guru TK Az-Zahro Untuk Meningkatkan Variasi  Modul Pembelajaran. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 173-185. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/352