Peningkatan Kemampuan Santri dan Kelembagaan Pondok Pesantren Bhakti Bapak Emak Jombang

Penulis

  • Nugrahini Susantinah Wisnujati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Koresponden Author
  • Hary Sastrywanto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Markus Patiung Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

center of exelent, kelembagaan, kerjasama, manajemen, pondok pesantren

Abstrak

Latar belakang: Pada era modern akhir akhir ini, pondok pesantren tetap berdiri tegak sebagai mercusuar ilmu dan karakter bagi anak muda. Pondok pesantren tidak hanya sekadar lembaga pendidikan, tetapi menjadi wadah pembentukan insan kamil, mewariskan nilai-nilai luhur Islam dan membentuk generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, berilmu, dan berdaya guna, Tujuan: tujuan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan ketrampilan santri dalam ekonomi pertanian dengan menyambung bibit durian variaetas bido dan meningkatkan kualitas kelembagaan pondok pesantren Bhakti Bapak Emak. Metode: metode pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui beberapa tahap yaitu FGD dengan para pengurus mengenai sejarah dan harapan kedepan dari pondok pesantren Bhakti Bapak Emak, memfasilitasi dan mengevaluasi kegiatan yang telah berjalan dan menyepakati bantuan manajemen.  Hasil: Hasil temuan pondok pesantren memfasilitasi anak santri belajar di dalam pondok tetapi juga menempuh sekolah di luar pondok. Kesimpulan: Pondok pesantren membutuhkan peningkatan kelembagaan tertutama dalam hal peningkatan kurikulum dan ketrampilan santri dalam pertanian.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

BASIT, ABD. 2023. Rekonstruksi Manajemen Pondok Pesantren.

Elfridawati, Mae Dhuhani. 2018. “Manajemen Pondok Pesantren; Studi Pengelolaan Santri Muallaf Di Pondok Pesantren AL Anshar Ambon.” Jurnal Fikratuna 9(1): 54–70.

Farouq, Muhammad Ayyinna Yusron. 2023. STRATEGI DAN MOTIVASI MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIZUL AL-QUR’AN NURUL FURQON MALANG.

Fathurrohman, Azhari. 2022. Strategi Meningkatkan Motivasi Tahfidz Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren.

Hadi, M. 2022. MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN KASIH SAYANG DI YAYASAN PONDOK PESANTREN AL-FURQON DAN PANTI ASUHAN BEABDURROHIM AL-FURQON WEDOROANOM DRIYOREJO GRESIK.

Hidayat, Wahyu, and Muhammad Japar Sodiq. 2023. Implementasi Manajemen Risiko Di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Bandung.

Mubarak, A Faizul, Febri Habibi Ilham, and Nurul Jadid. 2024. “The Effectiveness of the Al-Fatih Method in Improving the Quality of Reading the Quran in Islamic Boarding Schools.” 5(02).

Rohili, Ili, and Eka Laila Fitriyah. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren Pada Siswa-Siswi Program Keagamaan Di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Sleman.” Bulletin of Educational Management and Innovation 2(1): 20–33.

Saputra, Adam. 2023. “Karakteristik Pelaksanaan Pembinaan Santri Di Asrama Pondok Pesantren.” Studia Manageria 5(1): 1–8.

Sudarsono, S. 2023. Kepemimpinan Kiai Pesantren Membentuk Masyarakat Moderat Melalui Program Pesantren Hijau.

Suharsiwi, and Apiyah. 2021. “Pendidikan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Studi Kasus Di Pesantren Al Ihrom Jakarta Barat.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ: 1–17.

Syaibani, Khamim, and M Afif Zamroni. 2021. “Implementasi Manajemen Kurikulum Terpadu Di Madrasah Tsanawiyah.” THE JOER: Journal Of Education Research 1(1): 26–35.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Cara Mengutip

Peningkatan Kemampuan Santri dan Kelembagaan Pondok Pesantren Bhakti Bapak Emak Jombang. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 163-172. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/351