Inovasi Spray Perasan Daun Pandan (Pandanus amarylifolius Roxb) Sebagai Insektisida Alami Terhadap Lalat Stomoxys Calcitrans

Penulis

  • Ummi Rahayu Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Freshinta Jellia Wibisono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Hana Cipka Pramuda Wardhani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Palestin Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis
  • Miarsono Sigit Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Daun pandan, lalat, stomoxys calcitrans

Abstrak

Latar Belakang: Kebutuhan daging sapi secara nasional tidak dapat terpenuhi. Permasalahan utama ialah permintaan daging sapi yang tinggi dipasaran, namun terkendala oleh lambatnya pertumbuhan populasi sapi potong. Faktor penurunan produksi salah satunya disebabkan oleh vektor yaitu lalat Stomoxys calcitrans. Stomoxys calcitrans dapat menyebabkan kerugian ekonomi pada industri peternakan karena dapat menyebabkan stres pada hewan, menurunkan produktivitas dan kualitas susu dan daging, mengalami penurunan berat badan, serta menyebarkan penyakit infeksi yang dapat berdampak pada kesehatan hewan dan manusia. Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi apakah perasan daun pandan dapat menjadi alternatif yang lebih aman dibandingkan dengan insektisida kimia. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasan daun pandan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kematian lalat Stomoxys calcitrans. Perlakuan P3 dengan konsentrasi 60% perasan daun pandan menunjukkan perbedaan yang nyata dibandingkan dengan P1 (20%) dan P2 (40%). Namun, konsentrasi yang paling efektif dalam membunuh lalat adalah pada perlakuan P4 (80%) dan P5 (100%), di mana kedua konsentrasi ini menunjukkan tingkat kematian lalat yang tertinggi. Kesimpulan: Perasan daun pandan memiliki potensi sebagai insektisida alami yang efektif terhadap lalat Stomoxys calcitrans. Konsentrasi perasan daun pandan sebesar 80% (P4) dan 100% (P5) menunjukkan efektivitas yang paling tinggi dalam membunuh lalat penghisap darah tersebut. Penelitian ini memberikan bukti bahwa daun pandan dapat menjadi alternatif insektisida alami yang ramah lingkungan dan efektif untuk pengendalian hama, khususnya lalat penghisap darah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Afriyanda, W., Hadi, U. K., dan Soviana, S, 2019. Ragam Jenis Dan Aktivitas Mengisap Darah Lalat Stomoxys Spp Di Peternakan Sapi Perah Di Kabupaten Bogor. Acta Veterinaria Indonesiana. 7(1): 37-45.

Akbar, F., Vera, O., Askur, A., & Mappau, Z. 2023. Kemampuan Ekstrak Simplisia Daun Pandan Wangi (Pandanus Sp) dalam Mengendalikan Lalat Rumah (Musca Domestica) dengan Penggunaan Air Humidifier Ultrasonic. Jurnal Penelitian Kesehatan. Journal of Health Research" Forikes Voice". 14(4): 709-713.

Anggraini, M., Primarizky, H., Suwanti, L. T., Hastutiek, P., dan Koesdarto, S, 2019. Prevalensi Penyakit Protozoa Darah pada Sapi dan Kerbau di Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Journal Parasite of Science. 3(1): 9-14.

Direktorat Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, 2017. Populasi Dan Produksi Dading Di Indonesia, 2016, Dalam Angka Sementara.

Fahrimal, Y., & Daud, R. (2022). Keragaman Lalat Penghisap Darah Sebagai Vektor Potensial Trypanosoma Evansi di Daerah Pegunungan dan Pesisir di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner, 7(1), 65-74.

Maradesa, S. R. A., Assa, G. J. V., Rumokoy, L. J. M., Bujung, J. R., and Sane, S, 2022. Infestasi lalat pada ternak sapi di desa Tempok Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa. Zootec. 42(2): 285-292.

Muhimmah, I. 2014. Uji Efektivitas Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb) Sebagai Insektisida Nabati Dalam Mengurangi Jumlah Lalat Selama Proses Penjemuran Ikan Kembung (Rastrelliger kanagurta) Asin. Skripsi Fakultas Sains Dan Teknologi Jurusan Biologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 3(2): 47–51.

Putra, A. K. 2022. Uji Efektivitas Ekstrak Daun Pandan (Pandanus amaryllifolius Roxb) Sebagai Repellent Semprot Terhadap Lalat Rumah (Musca domestica). Jurnal Teknologi Sanitasi Indonesia. 1(2): 06-11.

Mardiatmi, Yupiana, Y., Sofwan, I., Suseno, P.P., Ekowati, R.V., Kurniawan, W.E., Ernawati, Ermawanto. 2012. Pedoman Pengendalian Dan Penanggulangan Surra. Jakarta: Direktorat Kesehatan Hewan.

Prakoso, L. D., Darmansah, D., Widia, T., dan Hanifah, H. S, 2022. Implementasi Metode Moving Average Dalam Analisis Rantai Pasok Daging Sapi Di Indonesia. Jurikom (Jurnal Riset Komputer). 9(3): 623-628.

Rusono, N, 2020. Peningkatan Produksi Daging Sapi Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan Hewani. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner. 12-22.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Inovasi Spray Perasan Daun Pandan (Pandanus amarylifolius Roxb) Sebagai Insektisida Alami Terhadap Lalat Stomoxys Calcitrans. (2023). Prosiding Seminar Nasional Kusuma, 2(1), 119-125. https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/335